Dari kemarin ngelihat ada basah-basah di blok kiri Redue. Ternyata ada rembesan dari tutup magnet kecil. Tanda seal o-ring minta diganti.

Baru kemarin gue ganti seal o-ring tutup magnet Honda CBR250R dengan yang original. Sekarang, tutup magnet kecil-nya yang rembes.

tutup-magnet-kecil-honda-cbr250r

Baca Juga:
Service Besar Honda CBR250R. Biaya Dan Rincian-Nya

Tutup Magnet Kecil Ini Untuk Apa Sih ?
Buat ngintip ! Seriously. Kalau dibuka, nanti ada semacam titik yang berguna pas ganti rantai keteng. Titik ini untuk menandakan bahwa posisi piston sudah di atas. Agar timing antara putaran kruk as dan buka tutup klep itu sinkron. Kalau nggak sinkron, klep bakal ciuman dengan piston.

Baca Juga:
Masang Rantai Keteng Dan Tensioner Nggak Bisa Sembarangan !

Sebaiknya Pakai Seal O-Ring Original Honda !
Senada dengan pengalaman gue ganti seal o-ring tutup magnet dahulu kala, kasus yang sama terjadi juga dengan tutup magnet kecil. Jika masbro sudah baca artikel-nya, pasti udah bisa nebak. Ya, hanya karena dimensi ukuran yang agak berbeda.

o-ring-cbr-250r-ori-dan-alt
Seal o-ring tutup magnet. Alternatif vs original.

Baca Juga:
O-Ring Tutup Magnet Sebaiknya Pakai Yang Original

Ukuran Seal O-Ring Alternatif Belum Tentu Cocok !
Ini poin utama-nya masbro. Karena pengalaman kemarin, gue akhir-nya pesen online seal o-ring-nya. Emoh keliling nyari-nyari. Habis waktu, tenaga, dan bensin.

Memang Beda Ukuran-nya ?
So pasti masbro. Cekidot !

o-ring-seal-tutup-magnet-kecil-motor-honda-alt-vs-ori
Seal o-ring tutup magnet kecil. Alternatif vs original.

Kalau masbro lihat dengan seksama, yang original terlihat sedikit lebih besar. Perbedaan-nya tipis ya. Tapi perbedaan micrometer ini sudah cukup untuk bikin oli rembes.

Oli Bukan-nya Kental Ya ?
Yup. You’re right. Tapi itu dalam kondisi oli baru dan tidak dalam kondisi kerja. Apabila oli sudah berumur cukup lama atau dalam kondisi bekerja, apakah yang terjadi ? Oli berkurang kekentalan-nya.

sae-international-logo

Nilai kekentalan SAE oli berkurang. Apalagi kalau masbro sedang motoran di macet-macetan panas terik. Oli bekerja ekstra extra keras. Terus motor lagi cornering ke kiri, dikit-dikit oli bisa rembes kalau seal o-ring-nya kurang baik (dalam hal kondisi dan dimensi ukuran yaaah…).

Baca Juga:
Mengupas Arti Kode SAE Di Oli

Kalau Kepepet Nyari Seal Gimana Doooonkk ?
Masbro bisa pakai seal alternatif atau kw dulu. Sembari nyari-nyari seal o-ring original Honda di toko-toko online. Harga seal o-ring alternatif dan original Honda sama. sekitar 5000 perak. Nomor parts-nya 91303-377-000 atau 91303-377-001.

o-ring-seal-tutup-magnet-kecil-motor-honda

Umur Seal O-Ring Berapa Lama Masbro ?
Kalau nggak salah sih, seal o-ring Honda itu kisaran 30 ribu-an km lebih. Seinget gue, waktu dulu service besar Redue, gue belum pernah ganti seal o-ring. Sedang seal o-ring alternatif yang gue beli di bengkel terdekat, kisaran 20 ribu-an kalau nggak salah.

Demikian masbro pengalaman ane di dunia seal o-ring. Semoga bermanfaat ! 🙂

Baca Juga:
Subtitusi/Alternatif Seal Tutup Magnet Honda CBR250R
Ganti Seal Blok Kiri Mesin Honda CBR250R
O-Ring Tutup Magnet Sebaiknya Pakai Yang Original

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *