Sekarang ini banyak banget aksesoris motor yang sulit dibedakan asli atau nggak-nya. Kali ini kita ngobrol soal selang hawa merk Samco masbro. Cekidot !

Jadi cerita-nya ane sedang iseng-iseng main IG. Terus nemu deh tuh ada yang jualan selang hawa merk Samco. Daaaan…. pas ane baca-baca di kolom komentar-nya, banyak yang bilang ini selang hawa KW. Nah, penjual-nya bersikeras ini bukan barang KW. Tapi asli.

Ane sendiri juga berpikir, “Masa sih Samco bikin selang hawa ?” Setahu ane Samco itu terkenal dengan selang radiator-nya. Kalau selang hawa, yang pernah ane dengar merk Uma Racing.

logo-samco-sport

Baca Juga:
Pasang Selang Radiator Nex Di Honda CBR250R

Iseng-iseng, ane ubek-ubek deh tuh situs resmi-nya Samco. Pertama-tama sih nggak nemu, ane ubek-ubek lagi, ketemu ! Nama-nya ternyata Samco vacuum tubing. Ada ! Kayaknya ini bener barang original…

Kayaknya Bukan Asli

Balik lagi ke postingan IG tersebut, ane baca lagi kolom komentar-nya. Ada yang nanya, “diameter dalam berapa ?”. Dijawab 14mm sama penjual-nya. Lalu ane lihat deh tuh katalog produk di halamanSamco vacuum tubing. Ternyata diameter dalam yang paling besar itu ukuran-nya 9mm.

selang-hawa-samco
Selang hawa Samco.

Mungkin Diameter Luar-nya 14mm

Bisa jadi penjual ini salah menyebutkan ukuran. Jadi-nya ane iseng-iseng nyari selang hawa Samco di toko online. Ketemu ! Lihat ukuran-nya, 12mm x 18mm. Waduh, di situs resmi-nya sendiri paling gede diameter dalam-nya 9mm masbro. Kok bisa ada yang jual dengan ukuran diameter dalam 12mm ? Apa mungkin Samco males update katalog-nya ? Entahlah.

pinokio-entahlah

Tampilan Di Negara Lain Berbeda-Beda

Lalu, ane search deh tuh kata kunci samco vacuum. Dan hasil-nya, ane menemukan 4 “model” selang hawa Samco ! Wkwwkwkw.

Cekidot masbro ! 😀

selang-hawa-samco-kw-malay
selang-hawa-samco-kw-malay
selang-hawa-samco-kw-malay-mudah-com
selang-hawa-samco-kw-filipina

Empat “varian” selang hawa Samco ini memiliki gaya penulisan merk Samco yang berbeda semua masbro. Wkwwkwkwk…

Bentuk Yang Asli Kayak Gimana Masbro ?

Entahlah. Samco sendiri nggak ngasih gambar referensi produk-nya itu kayak gimana. Nggak seperti katalog selang radiator mereka yang bener-bener detail untuk berbagai tipe motor. Untuk selang vacuum, ya begitu doank katalog-nya. :/

katalog-selang-radiator-samco
Selang radiator Samco.

Nyari Model Nggak Ketemu

Sebagai pelengkap penutup, ane cari di toko online dengan kata kunci samco vt9b, samco vt5b, dan samco vt3b.

Nggak ada tuh sama sekali. Antara penjual malas mengetik model selang Samco ini di judul barang yang mereka jual, atau memang produk selang hawa Samco tidak masuk ke Indonesia. Entahlah…

pinokio-entahlah

Jadi Asli Atau Palsu Masbro ?

Entahlah… Tidak ada referensi yang solid bentuk selang hawa (vacuum) Samco itu seperti apa. Kalau ane pribadi lebih condong bahwa rata-rata selang hawa Samco yang dijual online itu palsu atau KW.

Oh ya, terakhir ane cek iklan selang hawa Samco tersebut di IG, ternyata kolom komentar iklan tersebut ditutup masbro. Wkwkwkwwkw…

Baca Juga:
Pasang Selang Radiator Nex Di Honda CBR250R
Cara Membedakan Selang Radiator Samco Asli Atau Palsu (KW)

Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments