Review pasang selang radiator aftermarket merk Nex di motor Honda CBR 250R. Perbandingan dengan selang radiator standard.

Dulu ane agak rancu, apakah selang radiator aftermarket itu memberikan manfaat lebih ? Secara harga-nya lumayan mahal juga masbro.

Tapi, pas iseng-iseng nyari selang radiator aftermarket untuk Honda CBR250R, eehh… nemu merk Nex. Lihat harga-nya, cukup terjangkau masbro. Langsung sikat !

Kok Nex ? Bukan Samco ?
Kalau bicara selang radiator, yang merk-nya umum sudah pasti Samco ya masbro. Awal-awal-nya nyari merk Samco. Tapi harga-nya lumayan cukup jauh. Lagipula, yang ready merk Nex. Langsung sikat !

selang-radiator-nex-cbr250r
Kotak Depan
selang-radiator-nex-cbr250r
Bungkus belakang.

Harga Selang Radiator Nex Untuk CBR250R
Dulu ane beli selang radiator ini seharga 370 ribu-an masbro.

selang-radiator-nex-cbr250r
Jeruk.

Untuk Honda CBR 250R, ternyata cuma butuh 2 aja selang-nya. Buat dikiri dan kanan.

Ane pilih warna oranye karena senada dengan warna motor ane.

Performa Selang Radiator Nex
Yang ane rasakan, selang radiator Nex lebih baik unsur konduksi-nya (read: menangkap panas). Karena pas ane pegang, selang radiator Nex terasa lebih menyengat panas-nya.

Kombinasi antara selang radiator yang lebih baik dalam menyerap panas, dan hembusan angin dari depan, tentu-nya lebih membantu dalam menjaga suhu mesin.

Perbandingan Dengan Samco
Secara ane belum pernah pakai Samco, indikator yang bisa ane bandingkan adalah klaim pabrikan. Di kemasan-nya sih ditulis selang radiator Nex beroperasi sampai suhu 180 derajat celcius.

temperatur-operasional-selang-rem-nex

Sampai 220 derajat celcius opsional sifat-nya. Ane nggak tahu maksud-nya opsional apa. Tapi 180 itu udah jauh di atas suhu overheat motor sport. Setahu ane, 120 derajat celcius itu udah masuk kategori overheat di motor sport.

Sayang-nya, ane nggak nemu spesifikasi teknis untuk selang Samco di situs-nya. Jadi maaf masbro. Ane tidak bisa membandingkan performa 2 merk selang radiator ini.

Bentuk 11-12 Dengan Samco
Tapi yang bisa ane bandingkan adalah visual selang radiator-nya. Cekidot.

selang-radiator-nex-cbr250r-tokopedia
Selang radiator Nex. (tokopedia).
selang-radiator-samco
Selang radiator Samco.

Seperti masbro lihat, bentuk 2 selang radiator ini mirip. Daleman-nya ada lapisan biru dua-dua-nya. Harus-nya sih sama-sama bagus performa-nya… bila dibandingkan sekilas berdasarkan pengamatan visual ya.

Pemasangan Selang Radiator Nex Di Honda CBR250R
Secara selang radiator di Honda CBR 250R hanya butuh 2 saja, Jadi-nya kita kudu buka fairing kiri dan kanan motor masbro. Terus langsung ganti selang-nya.

instalasi-selang-radiator-nex-di-cbr250r
Pasang bagian kiri.
instalasi-selang-radiator-nex-di-cbr250r
Pasang bagian kanan.

Tentu-nya kudu kuras air radiator dulu ya masbro. Saat yang tepat untuk ganti air radiator apabila memang sudah saat-nya untuk diganti.

Baca Juga:
Do-It-Yourself. Ganti Air Radiator Honda CBR250R

Penampakan Selang Radiator Nex Di CBR250R
Berikut penampakan selang radiator Nex di Honda CBR 250R ane.

Not bad khan masbro ? Warna oranye masih masuk dengan warna merah. Walau kayaknya sih warna biru muda lebih oke. Tapi sayang-nya stok yang ada tinggal warna oranye dan hitam.

Still looks good for me… 🙂

Jangan Lupa Dibersihkan
Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan selang radiator ya masbro.

selang-radiator-nex-cbr250r-kotor
Kotor… 🙁

Worth It Kah Selang Radiator Nex ?
Yup ! Tentu saja karena harga-nya yang cukup terjangkau masbro. Soal performa mungkin tidak sangat signifikan naik-nya. Tapi agak mendongkrak tampilan. 🙂

Bisa dipertimbangkan apabila dana memungkinkan.

Baca Juga:
Review: Coolant Prestone
Do-It-Yourself. Ganti Air Radiator Honda CBR250R

Share
Subscribe
Notify of
guest
8 Comments
Newest
Oldest
Inline Feedbacks
View all comments