Pengen pakai cairan anti bocor di motor ? Cermati hal-hal berikut ini masbro.

Jadi gue lagi agak dilema sekarang. Kemarin gue nulis artikel soal nambal ban pakai lem Korea. And so far gue agak kurang puas. Browsing-browsing, nemu artikel ini masbro.

Yakin Mau Pakai Cairan Anti-Bocor Untuk Ban? Ketahui Dulu Hal Ini

Nyumbat Pentil
menurut Herry Maylanda, Manajer Perencanaan Produk PT Bridgestone Tire Indonesia pada OtoDriver, cairan anti bocor berpotensi nyumbat pentil ban.

“Ketika gel bekerja menambal, maka ia akan jadi gumpalan dan berkumpul di satu spot bocor itu. Hal ini malah makin membuat ban kehilangan keseimbangan putarannya,” papar Maylanda.

Gue sendiri pernah pengalaman pentil mampet. Jadi-nya so far gue masih gamang apakah akan memakai cairan ini lagi…

Merusak Velg Motor
Melanjutkan isi konten link di atas,
Firman, Area Manajer PT Tetsan Maju Bersama yang memproduksi IML Super Tyre Sealant, mengatakan bahwa cairan anti bocor berpotensi merusak velg.-

slime-rim

“Itu karena rata-rata cairan anti bocor ada kandungan pH-nya dan bisa menyebabkan pelek berkarat. Tapi beberapa cairan, termasuk produk kami, tidak ada unsur pH-nya”

Jadi kudu milih cairan anti bocor yang tidak ada pH-nya. Lalu, gimana cara-nya tahu cairan tersebut tidak ada pH-nya ? Well, buat kita orang awam dan pengen praktis, hanya bisa berpegang dengan apa yang tertulis di kemasan produk-nya.

Gue sendiri pernah pakai cairan anti bocor untuk ban depan sampai 1.5 tahun. Dan Alhamdulillah velg aman-aman aja. Padahal dulu waktu beli, gue bener-bener buta soal cairan anti bocor. Semata-mata karena tujuan produk-nya baik, why not ?

Anyway, apabila masbro teteup pengen pake cairan anti bocor, gue saranin baca tulisan di kemasan produk-nya. Apakah berpotensi nyumbat pentil ban ? Apakah aman untuk velg ? Karena hanya itu sebagai konsumen awam yang bisa kita lakukan. Can only believe to what its written.

Dan gue pribadi juga menyarankan untuk mengganti cairan anti bocor setahun sekali. Buat jaga-jaga aja, takut-nya cairan-nya merusak velg kalau kelamaan dipakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *