PCX 2018 Lebih Memiliki Pilihan Ban Daripada NMax

Meluncur-nya Honda PCX 2018 merupakan pertanda Honda ikutan main serius di segmen matik 150cc premium. Terlepas dari fitur-fitur motor ini, PCX 2018 memiliki keunggulan di ukuran velg.

Penggunaan ukuran velg yang nggak standard jadi PR tersendiri. Ingat Suzuki Hayate ? Motor dengan ukuran velg 16′ ini pilihan ban-nya sedikit banget. Jadi PR buat nyari ban untuk motor ini.

Back to topic, seperti yang kita ketahui, Honda PCX 2018 menggunakan ukuran ban depan 100/80, dan ban belakang 120/70. Honda PCX 2018 menggunakan velg berukuran 14′. Yang bisa jadi merupakan kelebihan motor ini.

14 Dan 17
Kenapa ? Karena untuk mencari ban-ban untuk ukuran dua velg ini gampang banget ! Coba deh tengok situs-situs produsen ban. Pasti rata-rata pilihan yang banyak sangat itu ban-ban untuk ukuran velg 14 dan 17. Ane ambil contoh tiga produsen ban. Mizzle, FDR, dan Corsa. Dengan ukuran 100 keatas dan 120 keatas. Secara ada aja konsumen yang bakalan naikin ukuran ban 1 tingkat. Pengecekan ane lakukan pada tanggal 27 Desember 2017. Secara ke depan-nya bisa jadi portofolio produsen-produsen ini akan berubah.

Note: Kalau ada ban-ban yang luput dari pendataan ane, mohon dimaafkan. 😀

Total tercatat ada sekitar 13 pilihan untuk ban depan, dan sekitar 6 untuk ban belakang. Ane tidak menjumpai pilihan ban untuk velg ukuran 13 di situs-situs masing-masing produsen di atas. Sebagai pembanding, ane mengunjungi situs super planet ban sebagai bahan referensi untuk ban-ban yang bisa dipakai di Yamaha NMax. Tercatat ada sekitar 6 pilihan untuk ban depan, dan sekitar 7 untuk ban belakang. Cukup banyak juga.

Faktor Harga
Nah, ini yang IMHO bisa jadi bahan pertimbangan. Sebagai contoh, ban tubeless FDR Sport XR Evo ukuran 100/80-14 dibanderol seharga 268 ribu. Sedangkan berdasarkan situs super planet ban, ban Nmax yang harga-nya bersaing adalah Pirelli Angel Scooter R13 ukuran 110/70-13 dengan harga 450 ribu. cukup lumayan beda-nya. Tapi itu baru ban depan. Ban belakang-nya sendiri dengan ukuran 130/70-13 dibanderol 546 ribu. Total biaya untuk ban depan belakang adalah 996 ribu. Sedang satu set ban FDR Sport XR Evo banderol-nya 601 ribu. Ban FDR lebih murah sekitar 40%.

Pentingkah soal harga ban ini ? Well, ini subjektif masbro. Tergantung gimana persepsi yang punya motor. Apabila motor yang dibeli fokus untuk operasional dan ongkos perawatan kudu dipertimbangkan banget, banderol ban bisa jadi masuk hitungan. Kalau memang punya motor lebih karena hobi juga, malah bisa jadi harga dan pilihan ban tidak masuk hitungan. Yang penting meminang motor sesuai dengan yang kita inginkan.

Memang ada ban standard pabrikan. Tapi pengalaman ane, yang nama-nya spareparts belum tentu ready. Kadang malah muter-muter dulu baru dapet. Tentu-nya jauh lebih mudah dan praktis untuk membeli ban langsung ke toko ban atau secara online.

Baca Juga:
Potensi Kawasaki J300 Sebagai Lawan Kuat Yamaha XMax

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *