Setiap jangka waktu tertentu, sebuah produk kudu diperbaharui biar fresh. Salah satu-nya adalah dengan mengganti kemasan-nya.

Contoh-nya, oli. Kemasan oli kadang suka berubah. Entah untuk menciptakan (istilah saya) “ripple” atau “ping”. Yang guna-nya untuk mendapatkan atensi atau perhatian konsumen tentu-nya. Update and facelift i may say. πŸ™‚

koleksi-mencoba-nyoba-oli
Banyak Pilihan Oli.

“Kegemaran” saya nyoba-nyoba oli, terlintas melihat kemasan AmsoilΒ (salah satu oli favorit saya) yang nggak sama dengan yang ada di situs-nya Amsoil. Kepo ! Jadilah iseng-iseng nyari tahu (as usual). Curious and nitpick, that’s me ! πŸ˜‰

Searching di google, nemu buletin Amsoil. Baca-baca, ternyata pada bulan Mei 2015, kemasan Amsoil berubah.

Amsoil MCF kemasan lama.
Amsoil MCF kemasan baru.

Cuma Beda Label Stiker Kemasan Saja
Untuk oli Amsoil, yang beda cuma gambar label stiker kemasan-nya saja. Bentuk botol tidak berubah. Sekarang ada gambar CBR150R CBR250R-nya.

Sedang formulasi-nya, menurut buletin tersebut tidak berubah. Hanya kemasan-nya saja yang berubah.

Masih kepo, saya e-mail technical service Amsoil. Dan jawaban-nya begini.

“The picture appears to be the β€œReal thing”, but is older (before we changed the name of the product.) Its product code is and was MCF. Technical specifications can be found on line at https://www.amsoil.com/lit/databulletins/g3348.pdf

Jadi Itu Oli Lama Masbro ?
Yup ! Oli Amsoil yang pernah saya review adalah stok lama. Secara botol dengan kemasan seperti itu yang banyak beredar di sini. Stok lama ternyata.

Apakah Masih Bisa Dipakai ?
Tergantung. Hasil dari ngubek-ngubek internet (read: kepo), umur oli itu kisaran 2 sampai 5 tahun. Bahkan ada pensiunan insinyur oli yang nge-test oli yang udah berumur 22 tahun yang dia temukan pas lagi bersihin laboratorium.

Dan oli tersebut ketika di-test ternyata masih bagus. Yang penting sih gimana penyimpanan-nya aja masbro. Simpan di suhu stabil dan jangan dekat-dekat panas. Apalagi sinar matahari. Taro aja di pojokan gelap garasi di dalam plastik putih. Atau di dalam brankas.

rak-oli-di-garasi

Oli Kelamaan Juga Tidak Bagus
Tapi ada juga yang pengalaman pas ngisi oli, ternyata di bawah botol-nya ada semacam gumpalan. Itu adalah campuran kimia oli-nya yang sudah terpisah. Entah karena umur oli yang kelamaan, atau cara penyimpanan-nya yang kurang baik. Karena itu, disarankan mengocok botol oli terlebih dahulu sebelum oli dituangkan ke dalam motor.

Ada Juga Yang Label Dan Kemasan Oli Berubah
Contoh-nya adalah oli Yamalube Super Sport 10w40. Bentuk kemasan dan stiker berubah baru. Komposisi oli apakah berubah ? Kurang tahu ya. Kurang kepo untuk cari tahu saia. πŸ™‚

Yang Penting Oli Asli Dan Berkualitas
Bagi kita konsumen, yang paling penting mah selalu membeli oli di tempat yang dipercaya. Selain dijamin keaslian-nya, harus-nya perputaran produk-nya juga cepat. Otomatis stok oli yang tersedia umur-nya relatif lebih muda.

Happy greasing !

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *