Eksperimen nyobain pakai oli gardan sebagai pelumas rantai dan gear motor. Not bad juga sih.

Biasa-nya untuk melumasi gearset dan rantai motor, tentu-nya kita pakai chainlube masbro. Tapi oli motor sebenar-nya juga bisa sih. Nama-nya juga sama-sama pelumas.

Bengkel Suka Pakai Oli Bekas

Hal ini kayaknya jamak ya. Dulu sih waktu ke bengkel service Suzuki Thunder 125 sekalian ganti oli, mekanik-nya suka ngasih sedikit oli bekas buat ngelumasin rantai.

Kesini-kesini, setelah ane cari-cari tahu, menggunakan oli bekas mesin untuk melumasi rantai nggak baik. Karena oli kondisi-nya sudah kotor terkontaminasi kotoran-kotoran dari dalam mesin.

Kotor !

Pakai Oli Gardan Untuk Melumasi Rantai

Ane dapat info ini dari internet (as usual). Menggunakan oli gardan untuk melumasi rantai. Lanjutlah ane beli oli gardan. Untuk bahan eksperimen, ane menggunakan oli Castrol 80w90 masbro.

castrol-scooter-oli-gardan-sae-80w-90

Nah, berikut pengalaman ane pakai oli gardan untuk melumasi rantai dan gear.

Oli Gardan Itu Murah

Yang pasti, harga oli gardan itu murah masbro. 15 ribu-an ke bawah udah dapat yang kapasitas 120ml.

Aplikasi Agak Ribet

Berbeda dengan kalau kita pakai chainlube, dimana tinggal disemprot saja sembari ban diputer, aplikasi oli gardan ke rantai kudu pakai sikat gigi masbro. Kalau cuma dituangin aja terus ban di puter, malah meleber ke lantai.

castrol-scooter-oli-gardan-sae-80w-90-dan-sikat
Sikat gigi sebelum tidur.

Dan karena sifat oli gardan yang kentel banget, kudu lebih seksama pas mencet kemasan oli-nya. Biar jangan kelebihan.

Agak Relatif Gampang Kering

Tebakan ane, mungkin ini karena peruntukan oli gardan itu sebenar-nya di ruang tertutup. Di dalam blok mesin. Bukan di ruang terbuka yang panas terik dan berangin. Jadi-nya oli gardan lebih cepat kering. Oh well…

Lebih Gampang Nyiprat

Oli gardan di rantai juga lebih gampang nyiprat ternyata. Beda banget dengan chainlube Motul yang cepet lengket dan nempel ke rantai.

Motul chain lube.

Worth It Pakai Oli Gardan Untuk Pelumas Rantai ?

IMHO nggak juga. Harga memang jauh lebih murah daripada chainlube. Tapi pengaplikasian yang lebih ribet, lebih gampang kering, dan gampang nyiprat, kayaknya agak kurang sebanding.

Perbandingan Harga Dengan Chainlube

Mari kita bandingkan harga oli gardan dengan dua chainlube yang ane pakai saat ini.

botol-chainlube-ctx-rexco-25-med
Rexco dan CTX.

Yang kiri, chainlube Rexco 25 350ml. Ane beli dengan harga sekitar 36 ribu (asli-nya 65 ribu. Lagi diskon). Yang kanan, CTX Prolube 150ml banderol-nya kisaran 50 ribu.

Bila dibandingkan dengan oli gardan yang harga-nya 15 ribu dapat botol dengan kapasitas 120ml, kasar-nya, harga oli gardan itu 1/3 harga chainlube.

Selisih 2 sampai 3 kali lipat ini, IMHO tergantikan dengan pengaplikasi-an yang jauh lebih praktis. Dan tentu-nya sesuai dengan peruntukan-nya.

Chainlube untuk melumasi rantai dan gear motor.

gear-set-tk-mid

Bisa Dipakai Dalam Keadaan Darurat

Tentu-nya, bukan berarti oli gardan sama sekali tidak bisa. Misal-nya lagi touring jauh, terus melihat rantai motor kering. Ada baik-nya untuk sementara beli oli gardan merk-merk umum untuk pelumas darurat.

Hal ini tentu jauh lebih baik daripada membiarkan rantai dan gear motor dalam kondisi kering kerontang masbro.

Baca Juga:
Yuk Kita Bersihin Rantai Motor Kesayangan
Review Chainlube Motul
Yuk Kita Lumasin Rantai Motor Kesayangan
Nyobain Pelumas Umum Untuk Melumasi Rantai Motor

Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments