Kapankah waktu-nya mengganti glasswool knalpot racing atau aftermarket ?

Semenjak CBR250R ane di stroke up menjadi 286cc (jadi CBR300R), ane sekalian mengganti knalpot menggunakan Kazen Proexhaust model Tagon masbro. Leheran pakai WRX.

Nggak terasa, udah lumayan lama pakai knalpot ini, ane merasa glasswool ini knalpot kudu diganti masbro.

honda-cbr250r-redue-knalpot-kazen-tagon
Kazen Proexhaust model Tagon.

Ciri Atau Tanda Glasswool Knalpot Perlu Diganti

Apa sih ciri glasswool knalpot racing / aftermarket kudu diganti ? Yang pasti dari suara-nya masbro. Silencer aftermarket yang tujuan-nya untuk mengurangi kebisingan ini, sudah terdengar lebih berisik dan di rpm atas agak pecah.

Soal performa apakah ada perubahan, jujur ane nggak gitu ngeh. Karena memang ane tidak merasa perubahan yang cukup signifikan. Performa motor masih terasa oke. Minus suara yang agak lebih berisik tentu-nya.

Jadi inti-nya, kalau knalpot aftermarket / atau racing masbro terdengar lebih berisik dari biasa-nya, saat-nya ganti glasswool silencer knalpot.

Jangka Waktu Interval Pergantian Glasswool Knalpot

Selain dari indikasi suara yang terdengar lebih berisik, ada produsen knalpot yang menyarankan glasswool knalpot itu diganti secara berkala setiap 4 bulan. Mungkin untuk motor tempur atau harian, interval ini bisa dipakai. Tapi untuk motor semi harian atau jarang dipakai, seperti-nya interval ini tidak berlaku.

Redue sendiri bukanlah motor harian. Dan baru ganti glasswool knalpot itu setelah sekitar 7-8 bulan.

honda-cbr250r-redue
CBR250R

Ane memutuskan mengganti glasswool knalpot karena memang suara knalpot yang sudah lebih berisik dari sebelum-nya.

Jangan Tunggu Glasswool Gosong

Bagaimana kalau glasswool tidak diganti-ganti ? Pasti-nya bakalan gosong masbro.

Nama-nya juga sisa pembakaran di mesin. Kombinasi antara karbon dan percikan api. Bikin gosong dan hitam glasswool.

Nah, misal-nya glasswool tidak diganti-ganti, yang kena efek-nya adalah badan dari knalpot aftermarket masbro. Apalagi kalau knalpot masbro berbahan karbon. Bisa-bisa rusak karbon-nya.

Jadi jangan malas dan lupa ganti glasswool knalpot.

Biaya Penggantian Glasswool Knalpot

Lalu, berapa-kah biaya penggantian glasswool knalpot ? Terjangkau kok masbro. Kisaran 100 sampai 150 ribu-an. Tergantung dari dimensi knalpot. Semakin besar knalpot, semakin banyak glasswool yang diperlukan. Kazen model Tagon yang ane pakai merupakan model big volume. Jadi-nya butuh glasswool lebih banyak.

Biaya yang ane keluarkan untuk ganti glasswool sekitar 150 ribu.

Berapa Lama Waktu Pergantian Glasswool Knalpot ?

Waktu untuk mengganti glasswool knalpot itu sebentar. Kalau nggak ngantri, sekitar setengah jam sudah selesai. Termasuk bongkar pasang knalpot-nya.

honda-cbr250r-redue-knalpot-dilepas
No silencer.

Ganti Glasswool Knalpot Aftermarket Itu Penting

Jadi kesimpulan-nya, mengganti glasswool knalpot aftermarket secara berkala itu penting banget masbro. Selain agar suara knalpot aftermarket / racing kita nggak berisik, juga agar badan knalpot tidak rusak karena panas.

Waktu interval pergantian ini tergantung dari seberapa sering motor kita dipakai. Semakin jarang dipakai, semakin lama waktu pergantian glasswool-nya.

Sekian. Semoga bermanfaat. 🙂

Share
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Newest
Oldest
Inline Feedbacks
View all comments