Alasan kenapa kendaraan motor kita kudu di service di bengkel secara berkala. Jangan malas ke bengkel !

Motor kita kudu banget ke bengkel secara berkala. Tentu saja alasan-nya untuk perawatan. Karena kendaraan yang kita gunakan akan mengalami penyusutan, keausan, dan lain-lain. Nah, berikut hal-hal yang dilakukan ketika di bengkel.

Pembersihan Dan Penyettingan

Lalu, apa aja sih yang dibersihkan ? Pada umum-nya sih cuma 2 hal. Filter udara dan rantai. Sepele ? Tidak juga. Filter udara kudu dibersihkan secara berkala. Karena sudah pasti akan banyak debu dan kotoran yang nempel di filter udara. Dimana debu dan kotoran ini akan mengurangi debit bahan bakar yang masuk. Makin parah kotor-nya, makin kecil debit bahan bakar yang masuk.

Belum lagi apabila debu dan kotoran ini saking banyak-nya, masuk ke ruang bakar. Bisa jadi dinding silinder dan piston akan baret-baret halus. Sereemm…

filter-udara-original-honda-cbr250r
Filter udara.

Rantai tentu-nya kudu dikencangkan juga masbro. Rantai yang longgar itu bikin akselerasi berkurang dan pemakaian bahan bakar lebih boros. Karena efisiensi transfer tenaga dari mesin ke roda belakang yang kurang.

rantai-tdr-gold-520
Rantai

Penggantian Cairan

Cairan apa aja sih ? Oli, air radiator dan minyak rem. Oli sudah pasti vital banget. Dah lumayan sering ane lihat di bengkel motor yang turun mesin karena oli kering. Piston baret, dinding silinder baret. Bikin gancet. Ini nih biasa-nya penyebab utama motor turun mesin.

koleksi-mencoba-nyoba-oli

Selanjut-nya, air radiator. Kalau udah kering, gawat udah. Motor overheat. Bisa-bisa kena deh tuh mesin. Piston macet di blok silinder !

Minyak rem juga kudu di-check secara berkala. Jangan dibiarin terbengkalai dalam waktu tahunan. Karena minyak rem yang nggak diganti-ganti, lama-lama akan menjadi seperti lumpur. Yang nanti lari-nya bakalan membuat macet kaliper rem.

Penggantian SpareParts

Nama-nya kendaraan dipakai, tentu bakalan ada parts-parts yang aus. Kampas rem, kampas kopling, per kopling, ban, dan lain-lain. diperlukan pergantian berkala. Kalau nggak diganti gimana ? Sudah pasti part-part yang berhubungan jadi korban.

Kampas rem nggak diganti, cakram bakalan kegerus. Ban nggak diganti, bahaya untuk dipakai di jalan. Dan seterus-nya.

ban-depan-corsa-r93

Motor Terawat Umur-Nya Panjang

Pengalaman ane, motor yang terawat (minimal oli mesin dan air radiator nggak kering) itu umur-nya panjang. Dan nggak perlu deg-degan tau-tau mogok di jalan. Motor terawat itu nggak rewel sama pemilik-nya.

Jadi jangan malas ke bengkel. Luangkan waktu tiap berapa bulan sekali untuk ke bengkel masbro.

Baca Juga:
Lebih Baik Ke Bengkel Resmi Atau Komunitas ?

Share
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Newest
Oldest
Inline Feedbacks
View all comments