Inilah salah satu hal yang menurut saya agak janggal untuk motor 250cc. Ukuran radiator yang kurang memadai.

Dari dulu saya agak bingung. Kenapa motor 250cc itu ukuran radiator hanya sebesar sedikit lebih besar dari motor 150cc ? Sudah jelas panas yang dihasilkan lebih. Secara kubrikasi dan kompresi lebih besar. Belum lagi faktor kota-kota besar seperti Jakarta yang panas dan macet-nya juara. Dijamin disiksa bingitz motor.

vixion-radiator-01
Radiator Yamaha Vixion.
z250-radiator-00
Radiator Kawasaki Z250.

Yang atas, radiator Yamaha Vixion. Yang bawah, radiator Kawasaki Z250. Ukuran-nya sama Radiator Z250 ukurannya hanya sedikit lebih besar. šŸ˜

Teman-teman saya ada yang Ninja 250 dan Z250-nya overheat pas macet-macet. Termasuk CBR250R saya yang terasa panas-nya pas macet-macetan jam 2 siang. Agak ketolong pas ganti air radiator pakai Prestone. Padahal cukup berbahaya lho mesin sering overheat. Contoh-nya, gulungan/spul bisa kebakar.

gulungan-kebakar-01

Bigger Rad
Solusi terbaik, ganti pakai radiator aftermarket. Teman saya, rider Z250 mengganti radiator standard-nya. Dan menurut dia itu membantu banget.

z250-radiator-01

Semoga ke depan-nya para pabrikan motor mempertimbangkan hal ini.

Honda CBR250RR Overheat
Iseng-iseng saya lihat-lihat Youtube, nemu video ini.

Kalau kita cermati, di detik pertama, kelihatan di dashboard CBR250RR, temperatur suhu-nya full mentok. Terus di detik ke-4, kelihatan keluar uap dari breathing hose.

Di kolom komentar, sama juga.

Bang.. Saya juga sama.. Ahir2 ini bisa nyampe bar ke 5.. Pdhal air radiator udah diganti yg lebih bagus .. Prosedurnya juga udah tepat. Smpe ga ada angin yg masuk.. Tapi masih sama.. Oli sllu pake liqui Molly Kdang motul 5100 jgļ»æ

Harus sering cek air radiator broo ,,bila perlu d jadwal aja. Tiap brp ribu km ganti air radiator. Dan klo ngalamin hal sprti itu ,mnding segera minggir d matikan mesin sejenak . Periksa air radiator ,tambahin jika aus. Bila perlu ganti. Penyakit CBR250RR memang gampang panas broo ,ada solusi lgi. Yaitu ganti air radiator yg bagus.

Sedang masbro yang ini bilang, motor-nya overheat karena macet-macetan sekitar 20 menit.

Mas mau tnya dong,saya juga ngalamin overheat yg sama..tp cuma smpe 4 bar ga sampe 5..dan itpun cuma lg macet2an skitar 20 menit dgn kondisi jalan dkit. Apa iya itu ga norml juga?..panas bgt si emg. Ni barusan bawa ke ahass dan ktnya normal dan memang ni mtor ga bs diajak macet2an. Agak ragu sama jawabannya krn masa mtor cuma dibawa jalan sbntr dan kena macet sbntr ud bgini. Apa gejala masuk angin juga ya?. Di gn sahari radiatorny bener2 dilepas apa cum dikuras aja ya?..mohon info

Ganti Pakai Radiator R25
Sedang solusi-nya sesuai dengan komentar di video tersebut, pada pakai Radiator Yamaha R25.

solusinya pada ganti radiator R25.. xixixixi

Jangan Pakai Radiator Grill Yang Rapat
Saran dari saya, sebaiknya radiator jangan dikasih grill. Apalagi model yang rapet seperti gambar dibawah ini masbro.

radiator-grill-cbr

Kenapa ? Karena radiator butuh belaian hembusan angin untuk menurunkan suhu air radiator. Kalau dipasang radiator grill, praktis permukaan radiator yang kena terpaan angin semakin sedikit. Kerja pendingin motor jadi agak terganggu. Kemungkinan mesin motor overheat lebih besar.

Melindungi Radiator Dari Kotoran
Radiator grill memang berguna untuk melindungi radiator dari kotoran-kotoran yang dilontarkan oleh ban depan. Tapi ada kemungkinan kotoran-kotoran tersebut ngendap atau nempel di sisi antara radiator dan aksesoris grill. Kudu diperhatikan hal yang satu ini.

Bagaimana Dengan Honda CBR250R ?
Sama saja. Saya juga mengalami panas yang cukup menyengat ketika Redue macet-macet parah di siang hari. Tapi Alhamdulillah suhu motor nggak pernah lebih dari 3 bar. Suhu kerja normal CBR250R. Dengan radiator standard, tanpa radiator grill.

radiator-cbr250r-redue
Radiator CBR250R saya.

Demikian opini saya tentang besar dimensi radiator motor-motor 250cc.

Bagaimana dengan motor masbro ? Apakah punya pengalaman suhu motor di atas normal dengan radiator standard ? Share ya.

3 comments

  1. di obok2 cari review rr mono blm ketemu nih, tertarik cari seken nya, kira2 apa aja ya mas bro yg perlu di perhatikan, dan pernah dgr ga permasalahan rr mono? kl ada tlg buat kan artikel nya ya

    1. Secara general kalau beli motor second, kudu jeli mata kita. Udah gimana aja histori motor tersebut.

      Lebih baik beli sama orang yang dipercaya. Atau minta temenin sama orang bengkel atau teman yang paham.

      Ane ada temen pakai RR Mono. Coba ane tanyain ya kesan-kesan-nya gimana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *