Daftar spareparts alternatif atau subtitusi kampas rem untuk Honda CBR250R. Ternyata pilihan-nya cukup banyak lho masbro.

Punya motor lawas seperti Honda CBR 250R, salah satu problem-nya adalah soal spareparts. Padahal nggak juga sih masbro. Secara Honda masih teteup setia ngeluarin motor 250cc/300cc, yaitu CB300R, Rebel 250, dan CRF250L. Arti-nya, soal spareparts mesin untuk Honda CBR250R pasti aman.

Nah, untuk hal-hal lain, seperti filter oli, kampas kopling, atau kampas rem, ternyata cukup banyak alternatif-nya masbro. Berikut daftar-daftar kampas rem subtitusi untuk Honda CBR250R.

Kampas Rem Bendix MD28, MD29 Dan MD33
Yang pertama, kampas rem sejuta umat. Kampas rem Bendix. Kenapa gue bilang kampas rem sejuta umat ? Karena value-nya dapet untuk pemakaian harian. Dan cukup gampang dicari. Di toko-toko online banyak beeeuutt…

bendix-md28-md29-01
Bendix MD28 (Depan) dan MD29 (Belakang).

Untuk Honda CBR250R, model Bendix yang bisa dipakai adalah, MD28 untuk kampas rem depan. MD33 untuk kampas rem depan motor ABS. MD29 untuk kampas rem belakang.

kampas-rem-bendix-md33-cbr250r-abs
Bendix MD33 (Depan, ABS).

Soal harga bervariasi. Tapi kisaran-nya sekitar 50-80 ribu-an (harga bulan Juni 2019). Tergantung dimana beli-nya.

Gimana review kampas Bendix ? Well, seperti yang gue katakan di atas, ini kampas sejuta umat. Kampas ini termasuk murah meriah. Cukup dan mumpuni untuk riding harian.

Dalam arti riding tidak agresif, tidak seruntulan, tidak late braking, udah lepas gas dari jauh. Kalau masbro doyan riding agresif, gue sarankan pakai kampas yang lebih mumpuni seperti kampas original Honda, atau pakai merk Galfer sekalian.

Baca Juga:
Review: Kampas Rem Bendix

Kampas Rem Elig
Nah, ini kampas rem yang sedang gue pakai untuk kampas rem depan. Performa sedikit lebih baik dari Bendix. Cuma harga-nya hampir 3 kali lipat dari Bendix. Tapi hampir 1/2-nya dari harga kampas original. Dulu beli kisaran harga 150 ribu-an untuk kampas depan.

kampas-rem-elig-sport
Elig Ceramic Sport

Kampas Rem Elig juga relatif gampang didapatkan baik secara online maupun offline. Di situs-nya, eligindonesia.com ada daftar seller untuk merk Elig apabila masbro pengen beli offline.

Kampas rem Elig juga memiliki versi sinter-nya masbro. Apabila masbro menginginkan performa pengereman yang lebih baik.

Sayang-nya, gue nggak tau apakah ada kampas rem Elig untuk Honda CBR250R versi ABS.

Kampas Rem Daytona
Lalu ada merk Daytona. Gue pernah pakai untuk rem belakang. Untuk kampas rem depan, model-nya 3846, dan belakang model-nya 3848.

kampas-rem-depan-daytona-honda-cbr250r-3846
Daytona 3846. Kampas Rem Depan.
kampas-rem-belakang-daytona-honda-cbr250r-3848
Daytona 3848. Kampas Rem Belakang.

Sayang-nya gue nggak inget gimana performa kampas ini. Secara gue pakai kampas ini udah lama banget.

Oh ya, Daytona ternyata juga bikin aki juga lho masbro. Cekidot review-nya di bawah ini.

Baca Juga:
Review: Aki Daytona NanoGel

Kampas Rem TDR
Merk TDR seperti-nya nggak asing di komunitas motor. Nah, gue sendiri pernah pakai kampas kopling TDR dan rantai TDR Gold 520 di Redue. Dan TDR juga mengeluarkan produk kampas rem juga.

kampas-rem-depan-tdr-cbr250r-cbr250rr-inazuma
Kampas rem depan TDR CBR250R, CBR250RR, Inazuma.
kampas-rem-belakang-tdr-cbr250r-cbr250rr-inazuma
Kampas rem belakang TDR CBR250R, CBR250RR, Inazuma.

Gue kurang tahu model kampas rem TDR untuk Honda CBR 250R itu apa. Cuma kalau dari bungkus-nya, ada tulisan T17 untuk kampas rem depan, dan T18 untuk kampas rem belakang. Sayang-nya gue nggak tahu, apakah ada kampas rem untuk motor ABS.

Tulisannya kok CBR250RR ? Yup. Karena ternyata kampas rem Honda CBR250R, CBR250RR, dan Suzuki Inazuma itu depan belakang sama mabro.

Harga up-to-date bisa masbro lihat di situs oneteamstore.com.

Kampas Rem Faito
Dulu gue beli kampas rem ini sama temen. Soal performa lumayanlah. Hampir sama kayak Bendix. Harga beli lupa. Karena udah lama banget. Modelnya gue juga lupa. Hehehehe…

Kampas Rem Faito.
kampas-rem-belakang-faito-cbr250r
Faito Di Rem Belakang.

Baca Juga:
Quick Review: Kampas Rem Faito

Kampas Rem KW
Yup. Gue sendiri agak kaget. Ternyata kampas rem original itu ada versi kw-nya juga masbro. Dulu beli di bengkel mana gitu, harga-nya kisaran 150-200 ribu-an.

kampas-rem-belakang-honda-cbr250r
Kampas Rem Belakang CBR250R.

Performa kampas rem kw ini lumayan walau dibawah standard. Cuma dengan harga segitu, bisa melirik merk Elig atau Daytona.

Jadi sebenar-nya untuk sparepart kampas rem motor Honda CBR250R, kita nggak perlu pusing masbro. Karena cukup banyak pilihan-nya.

cbr250r-redue-after-big-service-01

Apabila ada merk lain yang masbro bingung model-nya, dan penjual-nya juga bingung, kasih aja gambar kampas rem Bendix atau Daytona. Yang penting mah bentuk kampas rem-nya kudu sama. Pasti masuk selama disc brake dan kaliper rem yang digunakan masih standard.

Apakah masbro pernah menggunakan merk-merk alternatif atau subtitusi lain selain merk-merk di atas ? Share ya. 🙂

Baca Juga:
Spareparts: Alternatif Filter Oli CBR 250R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *