2 Hal kebiasaan yang sebaiknya dilakukan sebelum mengendarai motor. Biar motor awet kita masbro.

Gue mau sharing sedikit 2 hal simple. Semoga dengan 2 hal ini, motor kita jadi awet. Dalam hal ini, lebih difokuskan untuk keawetan mesin.

Manasin Motor
Yang pertama, ngangetin motor sebelum dipakai. Guna-nya apa masbro ? Biar oli naek ke atas. Agar masuk ke sela-sela noken as, dudukan noken as, ke sela-sela pelatuk atau tapper, lalu oli muter ngikutin rantai keteng. Mengingat parts-parts ini lumayan harga-nya masbro kalau aus karena gesekan. Inti-nya, biar oli bersikulasi dulu ke seluruh mesin. Untuk menjalankan fungsi utama-nya, mengurangi gesekan antar besi.

Selain itu, tujuan lain ngangetin motor adalah agar oli dan parts-parts mesin mencapai suhu kerja-nya. Khusus-nya ekspansi material. Seperti piston yang makin mepet di silinder agar makin presisi. Jarak antara piston dengan dinding silinder makin kecil. Agar tekanan piston ke kruk as makin mantep. Yang kemudian disalurkan ke gigi dan rantai dan berakhir ke ban belakang. Which translate into better power. Which translate into better performance. Makin mepet, makin mantep muntahan tenaga-nya.

Agak bingung masbro ? Cekidot video berikut. It explains it in simple maner.

Presisi = Tenaga.

Gue sendiri punya ritual sebelum naik motor. Pertama, cek tekanan ban. Sesuai standard kah ? Lalu cek level oli. Deket dengan batas atas kah ? Semua oke, baru motor gue nyalain sembari dikeluarin. Lanjut make balaclava, helm dan sarung tangan. Kira-kira sekitar 2 menitan lah masbro ritual ini. Nggak berapa lama, suhu mesin udah 1 bar aja. Sudah oke !

Runutin Gas
Yang ini self explanatory. Jangan gampang nge-gas. Apalagi pas awal-awal gunain motor. Ini ada hubungannya dengan suhu kerja mesin. Sebaiknya motor digeber ketika mesin sudah siap. Oli sudah bersikulasi ke seluruh mesin. Presisi material udah nyetel. Biasa-nya gue jalan santai mulai dari rumah sampai mendekati jalan protokol. Pada saat ban motor udah nyentuh jalan utama, biasa-nya suhu mesin udah nyentuh 3 bar. Kira-kira proses ini butuh waktu ampir 5 menitan lebih lah masbro.

Lebih Hemat Gearset
Yang ini ada hubungannya dengan poin diatas. Akselerasi yang tiba-tiba, bikin rantai nyentak. Selain bikin rantai lebih cepat molor, gear depan dan belakang juga lebih kena siksaan dari rantai. Kalau mau wide open throttle, lebih baik ngerunut gas.

Lalu gimana kalau temen-temen riding doyan seruntulan parah ? Biarin aja. Toh juga nanti bakalan ketemu juga di lampu merah. Kalau lagi touring gimana ? Well, biasa-nya sih pada nunggu-nungguan. Atau ketemuan di meeting point. Tapi biasa-nya pas touring, ada pembagian grup berdasarkan seberapa gila bawa motor-nya.

Dulu gue doyan nih yang nama-nya seruntulan. Gas dikit pengennya lari diatas 3 digit. Tapi lama-lama males masbro. Selain berbahaya di jalan, riding terlalu agresif itu capek. Berapa kali gue sering ngalamin close call. Gue teteup masih doyan lari 3 digit. Tapi lebih seneng mencapai 3 digit dengan dirunut. Rasa-nya lebih menikmati momen-momen riding… Tapi kadang seruntulan-nya keluar juga pas lagi telat… Tapi jarang banget… 🙂

Inti-nya Nih !
Jadi inti-nya 2 masbro. Panasin mesin, dan ngerunut gas. Biar motor kesayangan kita awet. Sekian !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *