Botol oli bekas sebaik-nya jangan langsung dibuang begitu saja masbro. Lakukan setidaknya hal-hal bermanfaat berikut ini nih. Cekidot !

Biasa-nya setelah oli habis dituangkan ke dalam mesin motor, botol oli langsung dilupakan begitu saja. Padahal ada hal-hal yang sebaiknya dilakukan yang bermanfaat untuk kita dan orang lain.

Botol Kosong Itu Masih Ada Sisa-Sisa Oli
Pertama, botol oli itu tidak 100% kosong. Masih ada beberapa mililiter sisa oli yang tidak tertuang. Volume sisa-sisa oli ini cukup banyak juga lho.

Ketika Honda CBR250R ane ganti oli berikut filter-nya, ada 2 botol oli sisa Ipone r4000RS 10w40 sebelum-nya yang masih ada sisa. Jadilah ane kuras 2 botol itu. Lumayan cukup banyak ternyata sisa-nya.

level-oli-setelah-ditambah

Perhatikan gambar di atas. Yang ditunjuk oleh garis merah, adalah sisa oli setelah dituangkan ke mesin. Lalu bisa dilihat, level oli Ipone r4000RS 10w40 di jendela oli nambah cukup lumayan setelah ane nguras 2 botol sisa oli Ipone sebelum-nya. Not bad, right ?

Cara Menguras Sisa Oli Dari Botol Oli
Cara nguras sisa oli dari botol oli bekas itu gampang banget masbro. Botol-botol tersebut tinggal diterbalikin sadja.

sisa-oli-motor-di-botol-oli

Lalu tunggu kisaran 10-15 menitan. Nanti oli-nya bakal ngumpul di tutup oli. Setelah oli yang ngumpul tersebut diambil, botol oli diterbalikin lagi. Lalu tunggu yang lama, misal-nya seharian. Terus oli yang ngumpul di tutup botol, diambil lagi.

Kenapa Kudu Terbalikin 2 Kali Masbro ?
Karena ane pernah terbalikin sekali, terus ane tinggal lumayan lama. Ternyata volume oli yang ngumpul melebihi kapasitas tutup oli. Jadi-nya oli meleber keluar membasahi lantai. Mubazir terbuang jadi-nya sisa-sisa oli-nya.

Terbalikin botol oli untuk kedua kali-nya agar sisa-sisa oli di botol betul-betul keluar (hampir) semua-nya.

Guna-Nya Sisa-Sisa Oli Tersebut
Guna-nya ada 2. Selain bisa menghemat pengeluaran pembelian oli, sisa-sisa oli tersebut bisa untuk menambah level oli apabila terjadi penguapan oli di motor kita.

jendela-oli-honda-cbr250r
Jangan lupa untuk selalu menjaga level oli motor.

Rusakin Botol Oli Sebelum Dibuang
Kedua, jangan lupa rusakin botol oli sebelum dibuang ya masbro.

rusakin-botol-oli

Guna-nya untuk mencegah botol oli bekas dimanfaatkan sebagai wadah untuk menjual oli palsu. Yang penting botol udah robek, udah cukup. Udah nggak bisa dipakai lagi.

Demikian tips dan trik singkat ini. Semoga bermanfaat ya. 🙂

Baca Juga:
Tips Mudah Agar Oli Motor Lebih Awet Dan Tahan Lama

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *