TVS Zeppelin. Motor Cruiser Hybrid Buatan TVS

Sebuah motor cruiser hybrid buatan TVS baru-baru ini diperkenalkan di Auto Expo 2018. Mirip-mirip konsep-nya dengan Honda PCX hybrid masbro.

TVS Zeppelin nama-nya. Sebuah motor konsep bermesin 220cc satu silinder dan dibantu dengan motor 1200 Watt yang ditenagai battery 48 Volt Li-Ion.

tvs-zeppelin

Sekilas Tentang Motor Hybrid
Well, pada inti-nya motor hybrid itu adalah perpaduan antara motor bensin dengan motor listrik. Penggerak-nya ada 2. Mesin bensin dan motor listrik yang di-supply arus dari battery. Battery akan terisi ketika mesin bensin digunakan. Inti-nya begitu. Konsep-nya mirip dengan sepeda yang ada dinamo-nya. Apabila kita kayuh, maka battery akan terisi.

Ngingetin ane sama game kapal selam Silent Hunter. Dimana apabila kapal selam jalan di bawah air, maka motor listrik yang jalan. Battery akan terisi ketika kapal selam jalan di permukaan laut dengan menggunakan mesin diesel.

silent-hunter

Kembali ke TVS Zeppelin, motor ini power-nya 20 HP @ 8.500 RPM. Dengan torsi 18.5 Nm @ 7.000 RPM dengan transmisi 5 percepatan. Top speed diklaim 130 kmph. Berat motor kisaran 168 kg. Tampilan cukup agresif dengan lampu depan LED, suspensi depan upside down ukuran 41mm yang dibalur warna emas.

Pengereman disematkan disc brake berukuran 300mm untuk depan, dan 240mm untuk belakang dengan ABS dual-channel. Ban depan berukuran 110/70 rim 17 dan ban belakang 140/70 rim 15. Sedang penyaluran tenaga dari mesin ke ban belakang menggunakan belt.

tvs-zeppelin

Motor ini juga dilengkapi action camera di dekat lampu depan. Seperti-nya TVS memberikan fitur apabila rider ingin merekam perjalanan mereka. Berguna pas touring.

Kunci model “bio key”. Kayaknya nyalain motor pakai sidik jari nih. Keren. Tapi agak ribet pas minjemin motor ke temen. Kudu register dulu biasa-nya. Tebakan ane sih gitu. 😀

Hebat juga nih India. Setelah Emflux One, sekarang ada TVS Zeppelin.

Sumber: Autocarindia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *