Tutorial: Mengganti Filter Udara CBR250R

Filter udara termasuk elemen penting. Guna-nya, sesuai nama-nya, untuk mem-filter masukan udara ke ruang pembakaran. Me-minimalisir partikel-partikel debu di udara. Nah, berikut cara mengganti filter udara di CBR250R.

Pertama-tama, tools yang dibutuhkan. Cukup 2 saja masbro. Kunci L ukuran 5mm, dan obeng plus ukuran standard.

Selanjut-nya, buka jok belakang, lalu gunakan kunci L untuk membuka 2 baut pegangan jok depan seperti yang ditunjuk panah putih gambar di atas.

Setelah terbuka, gunakan obeng untuk membuka tutup filter udara. Secara filter udara di CBR250R terletak di bawah tangki.

Gunakan obeng untuk membuka sekrup tutup filter udara seperti yang ditunjukan panah putih.

Setelah terbuka, tekan di posisi yang ditunjuk 2 lingkaran putih, lalu geser ke bawah untuk mencopot filter udara.

Gunakan jari jempol dan telunjuk (atau jari-jari lain-nya), tekan dan dorong ke bawah secara bersamaan. Nggak sulit kok masbro. Santai saja.

Bersihkan Atau Ganti ?
Biasa-nya sih, pengalaman kalau service di bengkel, sama mekanik-nya filter udara di-semprot kompresor untuk dibersihkan. Ane sendiri kadang-kadang juga suka bersihin sendiri. Tapi kalau filter udara sudah terlihat kotor banget, lebih baik diganti. Setahu ane, tidak ada standard baku. Ada yang ganti setahun sekali, tiap 8000 km, tiap 10 ribu km, dan lain-lain. Yang penting kalau udah terlihat nggak layak pakai, ganti saja masbro.

Demikian. Semoga bermanfaat. 🙂

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *