Safety Riding: Angkutan Umum

Angkutan umum. Bisa menjadi salah satu penyebab dari kecelakaan. Nggak jarang ane ngelihat cukup banyak foto-foto motor kecelakaan karena Metro Mini, Kopaja, angkot, dan lain-lain.

Baru-baru ini ada video tentang rider yang kecelakaan karena menabrak belakang angkot. Helm-nya lepas, dan dia menabrak pembatas jalan. Ngilu nonton video-nya masbro.

Unpredictable
Unpredictable, Itu kesan ane kalau ngelihat behaviour angkutan umum. Nggak jelas gerak-gerik-nya. Maka-nya ada peribahasa, “hanya Tuhan yang tahu kemana Bajaj berbelok”.

bajaj-roda-3-out-01

Bisa dikatakan rata-rata (bukan semua-nya ya) angkutan umum itu arogan. Belok seenaknya, berhenti seenaknya, motong jalan seenaknya, dan lain-lain. Cukup sering ane melihat perilaku macam begini. Lagi riding pelan di pinggir jalan, tau-tau ditikung Mikrolet yang nurunin penumpang. Lagi di belakang Metro Mini, eh tau-tau berhenti tengah jalan. Lagi-lagi untuk nurunin penumpang. Pernah saking keselnya, ane pernah berpikiran untuk ngancurin kaca spion-nya masbro. Soo much anger !

Angry Me
Angry Me

Well, anyway. Berikut tips-tips agar kita lebih aman kalau ada angkutan umum. All from my experience.

Jaga Jarak
Jaga jarak. Secara sifat angkutan umum yang unpredictable. Jangan tail gating. Amit-amit deh. Jangan kesampean nyium bemper belakang. -_-b

Amati Gerak-Gerik-Nya
Selain jaga jarak, kita kudu ngelihat gelagat-nya ini angkutan umum mau ngapain nih. Lepas gas masbro. Kalau kita udah haqul yakin, buka lagi gas. Cuuussss. Yang penting selalu aware.

Awas Pintu Keluar
Kalau yang suka nyusul angkutan umum dari kiri, kudu ekstra hati-hati nih. Secara tahu-tahu ada aja penumpang yang keluar tanpa lihat-lihat dulu.

kopaja-kiri-out-01

Ane sendiri pernah crash gara-gara ada Bis Patas nurunin penumpang seenaknya di lajur kedua. Nggak minggir dulu. Tahu-tahu nongol aja penumpang-nya turun. -_-b

Lalu pernah juga pas di lampu merah, ada penumpang yang tiba-tiba turun dari Kopaja tanpa lihat-lihat dulu. -_-b

Selalu waspada dengan angkutan umum. Salah satu makhluk unpredictable di jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *