Review: Per Kopling CLD Dan Kampas Kopling CLD

Tak terasa sudah satu setengah tahun lebih Redue menemani saya. Kilometer sudah menyentuh 21 ribu-an. Saya udah merasa saatnya doi ganti daleman kampas dan per kopling.

Saya merasa doi tarikannya mulai terasa ngeden. Apalagi pas lagi kentjang, ngerem, turun ke gigi 2, lepas kopling, nah.. Kerasa ngeden-nya. Apalagi pas macet-macetan. Gejala transfer power yang kurang lancar dari mesin ke roda terasa bingitz. Liat-liat… Saya memutuskan ambil per racing dan kampas kopling berbahan kevlar merk CLD. Iseng-iseng mau tau rasa-nya parts racing. Per saya tebus seharga 125rb. Kampas 350rb. Sah!

per_dan_kampas_kopling_cld_02

Sabtu pagi saya morning ride ke bengkel JMS di tanah kusir. Bengkel yang cukup terkenal di kalangan anak-anak CBR. Saya juga ganti busi pakai NGK Laser Iridium (CR8EIX). Mahar busi-nya 100rb.

Kayaknya pada kenal nih. :D
Kayaknya pada kenal nih. 😀

per_dan_kampas_kopling_cld_03

Waktu pengerjaan sekitar 2 jam-an secara saya sekalian service rutin juga.

per_dan_kampas_kopling_cld_04

First Impression
Beratttt !!! Asli deh. Keras dan berat bejek kopling-nya. Well, nggak heran sih. Secara ini part racing. Dimana transfer tenaga antar gigi kudu cepat. Asli kagok pertama-tama. Motor nyundul-nyundul ke depan. Salah mulu timing mencet-nya. Keras pula… Hadeeehhh…

50 Kilometer Pertama
Menderita… Apalagi pas macet-macetan. Aduuuhhh…

100+ Kilometer
Per dan kampas rasa-nya mulai settle. Nggak sekeras awal-awal. Tapi tetep aja masih terasa keras.

200+ Kilometer
Nah. Sekarang kopling sudah nggak begitu berat. Walau masih lebih ringan ketika masih memakai per dan kampas original, tapi nggak terlalu jauh beda-nya. Motor juga agak berkurang nyundul-nya. Seperti-nya sudah settle per dan kampas-nya.

Susah Netral
Motor susah netral apabila dalam kondisi berhenti atau ketika berjalan pelan (dibawah 12kmph). Belum dapet sela-nya. Ngakalin-nya, gigi dinetralin sebelum motor benar-benar berhenti.

Secara keseluruhan, per dan kampas racing CLD cukup worth it apabila dilihat dalam hal harga. Kampas original harga-nya sekitar 500-600 ribuan. Untuk ketahanan saya belum tahu. Secara baru sekitar 250 kilometer penggunaan-nya. Sedang kampas original bertahan sekitar 20 ribu-an kilometer sebelum diganti. Kita lihat seberapa lama umur per dan kampas kopling CLD.

NGK Laser Iridium
Jujur, saya hampir tidak merasakan ada-nya perbedaan antara penggunaan busi ini dengan busi standard. Kata-nya sih CBR250R busi standard-nya sudah iridium. Mungkin juga karena hal ini saya tidak merasakan perbedaan yang mencolok.

UPDATE
(Final) Review Part 2. Klik disini.

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

6 Replies to “Review: Per Kopling CLD Dan Kampas Kopling CLD”

  1. Bro Arman, itu view secara fisik kampas bekasnya gimana?? Apa sudah benar2 habis, atau masih ada sisa sedikit

    Boleh di share dong pict kampas bekasnya. Trims

    1. Yah… kampas yang lama lupa saya foto. Tapi dilihat sekilas udah menipis sih. Lagipula, motor udah ngeden rasa-nya pas dibawa. Jadi langsung ganti aja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *