Review: Michelin Pilot Street Radial Di CBR250R

Akhir-nya ane ganti ban juga. Setelah insiden pentil ban belakang ane copot, dan melihat ban sudah banyak ngumpulin cindera mata di jalan, ane memutuskan untuk mengganti ban sekalian.

Pilihan ane jatuhkan ke Michelin Pilot Street Radial. Secara ini ban yang cukup jamak dijumpai untuk motor 250cc. Rencana-nya mo nyobain Corsa R-series (R46, R93, R99). Tapi sayang-nya Corsa tidak mengeluarkan ukuran standard 110 dan 140.

cbr-pilot-street-radial-01

First Impression
100 kilometer pertama memakai ban ini, ban terasa lengket ke jalan. Secara ban ini masih baru. Dan ane sempat kaget pas cornering. Motor dimiringin dikit, pengen-nya ngerebah aja. Whoa there… beda banget sama ban bawaan. Tapi bisa jadi karena ban masih baru. Jadi-nya lapisan paling luar-nya belum terkikis.

cbr-pilot-street-radial-02

Better Grip
Bila dibandingin IRC Road Winner, Michelin Pilot Street Radial grip-nya jauh lebih baik. Ane sudah memakai ban ini sekitar hampir 800 kilometer. Dan terus terang, ane lebih confident di jalan. Grip pas cornering lebih terasa. As expected. Fresh from the oven.

Update:
Setelah sekian lama menggunakan ban ini hujan-hujanan dan di jalanan basah, ane merasa lebih pede riding lebih kencang. Pengereman juga lebih baik. Ban cenderung nggak ngunci walau aspal basah. Tapi ane belum sempat nge-tes gimana karakter ban ini pas hard braking di jalan basah. Secara ane lebih prefer safety riding pas jalanan basah.

Nah, yang paling kerasa banget pas hard braking. Beberapa kali ane Hard braking, motor nggak tail fishing alias geal-geol belakang-nya. Paling cuma geser sedikit belakang-nya. Ban belakang tetep nyengkram aspal. Feeling-nya, ban belakang terasa lebih mendem ke aspal dahulu sebelum ban bener-bener ngunci. Mungkin karena karakter compound medium-nya.

cbr-pilot-street-radial-03

Update:
Pas ane riding ke puncak kemarin, ane sempat hard braking pas baru aja buka gas. Gara-gara ada motor matik ragu-ragu mau nyusul bus. As expected, ban ngunci tapi nggak geal-geol. Dan motor berhenti dengan sukses.

Better Comfort
Ban yang ane pakai adalah versi radial-nya. Karakter ban radial yang lebih menyerap benturan membuat ban ini terasa lebih nyaman di jalan. Nggak terasa gedebak-gedebuk lagi pas motor melalui jalan yang kurang mulus. Ane rasa, semua ban radial karakter-nya seperti ini. Bukan Hanya merk Michelin saja.

Better Speed
Bentuk ban yang cenderung membulat, alias V, membuat daerah contact point ke aspal lebih sedikit dibandingkan ban bawaan yang cenderung berbentuk kotak. Hasil-nya, lebih sedikit friksi antara ban dan aspal. Ditranslasikan dengan motor yang terasa (sedikit) lebih cepat. Bisa jadi karena ban masih baru, jadi-nya belum mendem dan mengkotak bentuknya.

cbr-pilot-street-radial-04

Overall, Michelin Pilot Street Radial adalah ban yang lebih baik dari ban bawaan standard. Khusus-nya grip-nya. Ban ini lebih safe apabila ente suka riding agresif. Karakter-nya yang nggak liar pas hard braking membuat ente lebih percaya dengan motor anda.  It’s a recommended replacement tire. Can’t go wrong with this one.

Review ini dengan kondisi bobot pengendara 88kg, ban diisi Nitrogen dengan tekanan ban depan 29 psi, ban belakang 32 psi.

UPDATE
Pemakaian Setelah 34.000 Km
Tak terasa sudah sekitar hampir 2.5 tahun ane menggunakan ban ini. Perkiraan ane sudah memakai ban ini minimal 15.000 kilometer. Atau mungkin 20.000 kilo lebih. I dunno for sure. Lama juga umur ini ban. Kesan ane, sekarang ban ini grip-nya turun banget. Beda jauh dari awal-awal pemakaian dulu. Rasa-nya agak-agak mirip dengan IRC Road Winner. Tapi mendingan Michelin Pilot Street Radial dikiiit. Kalau ane kunci abis ban belakang, ban ngesot. Nggak mendem kayak dulu. Jadi jangan riding terlalu agresif pas usia pakai ban ini sudah cukup lama. Anyway, berikut kondisi ban setelah odomoter CBR250R ane sekitar 34.000 km.

Ban depan
Ban belakang

Terlihat alur ban masih dalam masbro. Khusus-nya bagian tengah ban, masih terlihat ada lembah-nya. Kalau suka burnout, dijamin cepet abis yang belakang. Hehehe.

Ban belakang lagi.

Ini ban tipe Sport Touring, jadi kondisi ban saat ini wajar. Grip masih reasonable apabila dipakai tidak untuk riding agresif Thread ban masih dalam. Ban sport touring memang rata-rata cukup panjang umur-nya masbro.

Buat miring-miring nggak agresif masih oke lah (ane nggak jago miring-miring :(). Masih lumayan pede. Walau jujur, ane masih jauh lebih pede dengan grip ban ini pas awal-awal dulu baru dipasang. Wajar sih, nggak ada ban yang grip-nya long lasting. Sampai saat ini untuk wara-wiri, ban masih bisa dipakai. Ane belum menemukan retakan-retakan di ban ini.

Overall, sampai saat ini ane merasa ini salah satu ban yang bagus untuk dipakai harian. Harga reasonable, umur pakai panjang, sayang-nya umur grip mantap-nya nggak begitu lama. Selama masbro nggak menuntut grip yang bagus banget dari ban ini, Michelin Pilot Street Radial bisa dipertimbangkan.

Baca Juga:
Review: CBR250R
CBR250R. 25000 Kilometer Kemudian
Beberapa Masalah CBR 250R
Gear 14:39 + Total Perfomance 92 = Ajib
Komparasi Visual CBR250RR Dengan CBR250R

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

4 Replies to “Review: Michelin Pilot Street Radial Di CBR250R”

  1. Saya juga pake ban ini tapi di motor bebek dan tipe bias. Awalnya emang mantep sama kyk yg dialami adim blog ini, tapi setelah agak lama saya jadi kecewa sama ban ini. Gripnya menurun drastis di usia yg seharusnya belum. Video review saya untuk ban ini bisa tonton di chanel youtube saya STRADA MOTOLIFE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *