Review: Chain Lube Motul

Chain Lube Motul adalah pelumas rantai yang biasa ane pakai untuk CBR ane. Berikut review-nya masbro.

Ane dulu beli chain lube ini di ACE Hardware seharga 150 ribu-an.

motul-chain-lube-01

By-The-Way, chain lube ini aman untuk dipakai diΒ rantai yang ada O-Ring, X-Ring, bahkan Z-Ring.

motul-chain-lube-02

Kelebihan
Cepet kering. Pelumas ini abis kering jadi lengket. Dan setelah settle, pelumas ini membentuk semacam membran di sela-sela rantai. Jadi bikin pergerakan rantai jadi lancar. Bukti-nya, habis bersihin rantai dan nyemprotin pelumas ini, motor terasa lebih ngacir. Secara transfer power dari mesin ke roda belakang jadi lancar. Suara rantai juga hening. Sunyi senyap. Pokoknya halusss…

Kekurangan
Kekurangan-nya, karena pelumas ini sifat-nya lengket, otomatis debu dan kotoran gampang banget nempel. Rantai relatif lebih cepat kotor. Kudu lebih sering dibersihin.

bersihin-rantai-cbr250r-redue-01

Lihat perbandingan kotor-nya masbro. Bagaikan siang dan malam. Karena itu, rantai motor rada kudu sering dibersihkan.

Karena itu juga ane tidak menyarankan menyemprot pelumas ini dari belakang. Karena takut-nya malah bleber ke gear belakang. Bikin gear belakang gampang kotor. Ane biasa-nya melumasi rantai dari samping. Hasil-nya, pas gear belakang ane pegang, tidak terasa lengket. Secara pelumas nggak nyebar kesana.

Summary
It does its job well. Pelumas rantai Motul ini bekerja sesuai dengan fungsi-nya. Hanya saja, kita kudu lebih sering membersihkan rantai. Satu pertimbangan apabila motor anda adalah motor harian. Secara rantai motor bakalan lebih cepat kotor.

Recommended ? Tergantung. Jika uang bukan masalah, dan ente nggak masalah repot dikit untuk lebih sering membersihkan rantai, go for it !

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Tuliskan komentar anda