Permasalahan Dan Tips Perawatan Tangki Dan Fuel Pump

Pasca kuras tangki kemarin, ane ngubek-ngubek nyari tahu perihal permasalahan seputar tangki dan fuel pump. Juga cara-cara perawatan-nya. Walhasil, ane dapat beberapa permasalahan dan tips seputar 2 sejoli ini.

Secara 2 hal ini berhubungan erat. Fuel pump berada di bawah tangki (di CBR250R sih gitu. ?). Pasangan erat yang tak terpisahkan… kecuali dengan seperangkat obeng.

Karat Di Tangki
Pas kuras tangki kemarin, ane iseng-iseng ngintip ke dalam tangki Redue. And i found rust…

Kelihatan-nya nggak gitu banyak sih. Tapi worst case scenario, bisa bikin mampet fuel pump seperti yang dialamin selebritis om Ron.

Motor Triumph Daytona 675 doi dikuras tangki-nya. Kelihatan fuel pump mengandung karat.

Tips Perawatan
Fuel pump yang berada di dalam tangki, berfungsi nyedot bensin dari dalam tangki. Otomatis yang kudu dirawat adalah gimana menjaga kualitas bensin yang berada di dalam tangki. Berikut tips-tips perawatan-nya nih.

Bensin (Hampir) Selalu Penuh
Karat terjadi akibat proses oksidasi. Dan air tentu musuh utama besi. Di dalam tangki, bukan hanya terdapat bensin. Tetapi ada udara yang mengandung uap-uap air. Apalagi kalau motor habis dicuci atau hujan-hujanan. Tentu pembentukan uap-uap air lebih mudah. Nah, untuk mengurangi populasi uap-uap air ini, usahakan bensin selalu dalam kondisi (hampir) fuel tank. Agar ruang untuk uap air semakin sedikit. Less water element means less oxidation.

Dalam Tangki Di-Resin
Baca komen-komen video-nya om Ron, ada yang nyaranin daleman tangki di-resin. Liat-liat, ane nemu link Facebook di sini. Juga video di youtube.

Nambal pakai resin, ane belum tahu gimana hasil-nya. Belum pernah nyoba :p. Yang perlu diperhatikan, gimana ketahanan resin selama terus-menerus ditenggelami bensin dicampur dengan panas mesin dan panas matahari. Seperti apa reaksi kimia yang terjadi, ane belum tahu.

Bensin Jangan Kotor
Yang terakhir, kualitas bahan bakar itu sendiri. Berpotensi ngotorin fuel pump. konon tersebar kabar lebih baik jangan ngisi bensin ketika SPBU sedang kedatangan truk tangki. Bisa jadi ketika sedang isi ulang bahan bakar, kotoran-kotoran di dalam tangki bawah tanah keangkat karena keaduk. Konon…

Sekian hal-hal yang ane ketahui soal ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Motor Suka Mati Sendiri ? Jangan-Jangan Fuel Pump Kotor
Motor Suka Mati Sendiri ? Coba Dikasih Carbon Cleaner Masbro

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *