Nyobain Pelumas Umum Untuk Melumasi Rantai Motor

Kemarin ane nyuci motor. Sekalian bersihin rantai. Karena chainlube Motul ane sudah habis, jadilah ane pakai pelumas umum. Not bad.

Rantai sudah bersih, chainlube habis, jadilah ane pakai ini.

Ini adalah pelumas standard. Pelumas umum. Jack of all trade. Selain buat rantai, bisa untuk melumasi roller, bearing, kabel, dan lain-lain. You get the idea.

So far so good. Pemakaian baru sekitar 100-an km lebih. As usual, rantai kalau abis dibersihin dan dilumasin pasti terasa smooth. Berisik ? Well, itu tergantung dari kotor nggak-nya rantai. Nanti ane update progress pelumas ini.

Tapi kalau dibandingin chainlube Motul, ane merasa Motul terasa lebih baik. Cuma sayang-nya lebih cepet kotor. Secara chainlube Motul itu lengket. Kalau pelumas umum ini nggak begitu terasa lengket.

Update Progress
penggunaan km 300-an masih terasa agak sedikit lengket. Mulai sedikit agak-agak kotor.

Harga-nya Murah
Pelumas ini dulu ane beli murah. Jauh lebih murah dari chainlube Motul. Lupa berapa. Tapi kayaknya di bawah 50 ribu. Mungkin 20-30 ribu. Kalau chainlube Motul dulu ane beli sekitar 150 ribu.

Tidak Disarankan Untuk Rantai O/X/Z Ring
Pelumas ini di kemasan-nya tidak ada kata aman untuk O/X/Z Ring. Secara rantai TK yang ane pakai nggak ada ring-nya, maka ane berani nyobain pelumas ini. Kalau rantai motor ente ada ring-nya, ane tidak menyarankan. Nggak ada tulisan aman-nya. Doubtful.

Aman untuk O/X/Z Ring

Terakhir, ane pakai pelumas ini juga buat ngelumasin roda besi pagar.

Litjin.

UPDATE
Ane tidak merekomendasikan menggunakan pelumas untuk rantai motor. Karena pengalaman ane, pelumas ini cepat kering. Which is a bad thing for motorcycle chain. Lebih baik menggunakan chainlube yang khusus diformulasikan untuk rantai motor masbro.

Baca Juga:
Yuk Kita Bersihin Rantai Motor Kesayangan
Review: Chain Lube Motul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *