Musim Hujan Hati-Hati Dengan Crosswind

Crosswind. Salah satu penyebab kecelakaan yang mungkin agak sedikit asing. But believe me, hal yang satu ini jangan dianggap remeh.

Kedengaran-nya seperti judul anime atau game ya masbro. But this thing is real !

Apa Itu Crosswind ?
Crosswind adalah istilah ketika angin yang cukup kencang yang bertiup dari arah samping. Kalau di dunia aviasi, crosswind berpotensi mengganggu keseimbangan pesawat ketika ingin mendarat. Berpotensi bikin celaka masbro !

Setidaknya beberapa kali ane pengalaman kena crosswind. Di flyover ke arah Karet, dan flyover ke arah Kapten Tendean. Cerita-nya ane riding dengan kecepatan 90-an kmph. Tiba-tiba pas turunan, ada angin cukup kencang dari samping yang mendorong CBR250R ane ke samping.

crosswind-01

Ane kaget. Secara di daerah sana tengah-tengah jalan-nya sedang ada pekerjaan pembangunan flyover. Motor ane ke dorong ke arah tengah. Sontak ane lepas gas biar aman. Close call !

Pas morning ride juga pernah kejadian di Gatot Subroto, ada crosswind yang cukup kencang. Jalan agak berbelok ke kiri. Ane yang lagi miring ke kiri, malah ketahan crosswind ini. Jadi-nya ane malah jalan lurus mendekati separator busway. Bahayeu.

UPDATE
Setelah ane telaah, seperti-nya penyebab CBR250R rentan crosswind, karena postur ane yang jangkung. Badan ane lebih gampang ketiup angin. Jadi-nya motor kebawa.

Pencegahan
Simple
masbro. Kalo motor mulai terasa kedorong ke samping, langsung tutup gas dan jalan pelan-pelan. Jangan panik.

Pengalaman ane, crosswind berpotensi menggeser motor kalau kita lari di atas 80 kmph. Di bawah itu relatif aman. Pengalaman sih lari 60-an kmph motor nggak kedorong. Well, Setidaknya itu pengalaman ane dengan CBR250R.

Awareness
Secara crosswind terjadi di jalan-jalan yang kiri dan kanan-nya kosong melompong. Jadi misal-nya kondisi cuaca sudah berangin kencang, setidaknya mindset kita sudah duluan waspada. Aware dengan ruang-ruang kosong tersebut. Khusus-nya jembatan fly-over masbro.

UPDATE
Tuck In
Karena faktor tinggi badan. Pas ane coba baru-baru ini, ternyata tuck in badan bisa membantu. Tapi sayang-nya dimensi CBR250R kurang besar untuk ukuran badan ane. Not help much. 🙁

bmw-s1000rr-tuck-in-out-01

Demikian pengalaman ane dengan crosswind.

Semoga bermanfaat. Dan always safety riding ya masbro. 🙂

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *