Modus Penipuan Berkedok Jual Beli Motor Online

Penipuan lagi nih masbro. Kali ini sharing dari temen ane di salah satu grup motor. Gambar motor dia dicomot orang lain buat diiklanin disitus jual beli online… Waduh…

Jadi kronologis-nya temen ane ini jual beli moge. Dia rencana jual ER6. Eh… Terus dia lihat ada yang ngiklanin motor-nya di situs online. Dikasih watermark lagi sama penipu-nya. Mention di grup, terus ada teman ane satu lagi (sebut saja nama-nya Mawar) yang bantu ngisengin penipu-nya. Cekidot percakapan di WhatsApp nan panjang ini masbro.

Tahu-tahu doi nunjukin tanda pengenal. Kesan-nya sebagai bukti dia bukan penipu.

Ujung-ujung-nya tidak ada tanggapan lagi dari penipu-nya. Dimintain foto-foto motor-nya tidak bisa. Cukup sampai disitu. The end. Notice gimana Display Picture di akun WhatsApp dia tahu-tahu dihapus. Ketahuan !

Note: Ane sengaja hitamin bagian wajah dan tanda pengenal, secara pengalaman ane, penipu online kadang ada yang suka nunjukin tanda pengenal yang belum tentu milik dia. Alias palsu.

Lindungi Dengan Watermark
Ada cara mudah agar gambar-gambar kita tidak seenaknya digunakan orang lain seperti kasus temen ane ini. Yaitu dengan menambahkan watermark.

Apa itu watermark ?
Watermark sederhana-nya suatu tulisan atau gambar (seperti logo) yang sifat-nya transparan yang ditempelin di gambar kita. Contoh dibawah masbro.

Tulisan Gigitiga.com adalah watermark transparan yang tidak mudah untuk dihapus. Kalau dihapus, gambar-nya malah rusak. Penggunaan logo sebagai watermark IMHO lebih baik. Secara bentuk dan kombinasi warna-nya lebih rumit. Kalau dihapus, kerusakan gambar lebih parah. Asal jangan rumit-rumit logo-nya. Takut-nya malah merusak gambar yang dilindungi.

Cara Bikin Watermark
Cukup banyak aplikasi untuk bikin watermark. Bisa pakai Photoshop, GIMP, atau aplikasi pengolah gambar lain-nya. Kalau di smartphone Android, ane biasa pakai Google Snapseed. Selain Snapseed, cukup banyak aplikasi-aplikasi lain-nya di Google Play Store. Tinggal cari pakai kata watermark sadja masbro.

Pembeli Kudu Lebih Waspada
Khusus untuk pembeli, kudu lebih waspada ketika berniat membeli motor di situs-situs online. Bisa jadi penipuan. Lebih baik cerewet biar yakin. Ane sendiri pernah beberapa kali mau ditipu ketika ada orang yang niat mau beli barang ane.

Waspadalah ! Waspadalah !

Baca Juga:
Modus Penipuan T-Money Telkomsel
Modus Penipuan Memanfaatkan Status Retired Moderator Kaskus
Ane Menang Undian Sido Muncul !
Modus Penipuan Nyobain Motor Moge, Terus Dibawa Kabur

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *