Liat Moge Dicolong ? Gembosin Atau Gembok Ban-Nya

So kemarin lagi anget soal curanmor moge Ducati 848. Udah layak-nya seperti aksi detektif, netizen komunitas motor pada mantau di sosial media. Saling tukar informasi. Akhir-nya Alhamdulillah motor berhasil diamankan.

ducati-848-kemalingan-maret-2018

But that’s not my main here. Tapi ane hanya ingin memberikan masukan sadja. Kalau-kalau ngelihat moge markir yang disinyalir motor curian, rusakin aja ban-nya masbro. Tusuk pake piso, paku, batu tajem, ring kunci motor, atau-atau benda tajam lain-nya. Tujuan-nya untuk melumpuhkan motor-nya. Kalo takut meledak ban-nya, kempesin dulu ban-nya terus rusakin.

ducati-848-kemalingan-maret-2018-00

It’s a race with time. Minimal gembosin aja ban belakang-nya, terus ban depan. Syukur-syukur ada benda tajam buat bikin lubang. Minimal dengan ban motor tidak layak jalan, motor nggak stabil jalan-nya. Berani lari 3 digit dengan kondisi ban rusak ? Well, try it. 🙂

Jadi-nya pelaku curanmor cuma ada 3 pilihan. Nggak berani bawa motor kentjang, otomatis motor gampang overheat, ECU cut engine. Motor nggak nyala. Atau yang kedua nyari tukang ban. Di sini ada waktu buat nelpon pihak berwajib atau hubungin temen-temen atau netizen buat backup. Yang ketiga, motor teteup jalan cuma pelan. 3 opsi ini memberikan window of opportunity to call for backup.

Sayang Donk Masbro Ban-Nya Dirusak
Ah, masa orang beli moge yang harga-nya ratusan juta rupiah nggak modal buat beli ban sepasang 5 juta-an ? Mendingan mana ? ban motor gembos atau rusak tapi (kemungkinan lebih besar) motor balik, atau motor hilang terus parts dipretelin terus dijualin. Terus liat di toko online “Lah ini khan velg motor gw dulu ?” Well ? … 🙂

ducati-848-kemalingan-maret-2018-00

Dikasih Gembok
Well, this could also work. Tapi nggak semua orang bawa gembok. Tapi nggak ada salah-nya digituin misal-nya bawa. Either grip lock or disc brake lock should work.

grip-lock-gembok-cakram

Disturbance Of Information
Tentu saja sebelum melakukan ini semua kita kudu haqul yakin moge yang dicolong memang benar-benar moge yang hilang. Disini minimal empu-nya ngasih info selengkap-lengkap-nya. Mulai aksesoris sampai yang terpenting nomor polisi-nya. Kadang bisa aja ada partner pelaku curanmor yang ngasih informasi motor yang salah. Tinggal nyari foto-foto moge yang mirip-mirip. Terus sebarin di sosmed. Atau mungkin ada netizen yang berniat baik ngasih informasi tapi nggak akurat. Yang penting nomor polisi-nya. Nomor rangka deh sekalian. Hehehehe…

Demikian saran dari ane. Mungkin ada tanggapan, saran, atau kerokan koreksi dari masbro sekalian ? Leave it at the comment section !

One Reply to “Liat Moge Dicolong ? Gembosin Atau Gembok Ban-Nya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *