KTM Sebaiknya Bersungguh-sungguh Untuk Market Indonesia

Santer kabar pabrikan KTM yang mulai serius bermain di pasar Indonesia. Sampai-sampai berniat mendirikan pabrikan disini juga lho masbro.

Mengutip dari TMCBlog, KTM seperti-nya akan memulai dengan menjual produk 250cc mereka di range harga 40 juta-an. Worth it ? Ya. Apabila anda mencari motor 250cc untuk harian. Torsi didapat di rpm bawah-tengah, bensin relatif lebih irit dari 2 silinder, model beda sendiri. It’s subjective, dude.

KTM-1190-RC8-01

All-Out
Berbeda dengan Bajaj, KTM punya line-up motor yang beragam. Seperti yang pernah saya tulis disini, produk flagship itu penting bangetzzz. Dan KTM punya 1290 Super Duke dan 1190 RC8. KTM kudu bawa 2 flagship ini kemari untuk memperkuat image mereka. Kita tidak main-main disini. Untuk test the water juga. Apabila mereka berniat main di segmen moge juga.

KTM-690-2015-01

Untuk segmen moge, KTM 690 Duke bisa jadi pilihan bagi yang mencari moge naked dan tidak mainstream seperti ER6. Dan model adventure-nya yaitu 1190 Adventure bisa menjadi alternatif dari BMW 1200GS. Untuk pasar motor garuk tanah, alias kelas enduro, KTM banyak memiliki pilihan dari 125cc sampai 500cc.

KTM-1190-2015-01

Gimana Dengan Bajaj ?
Beratzzz… Seriously. Pertama, 2 kali konsumen motor di Indonesia kena PHP. Cabut, balik lagi jual 200NS sama Kawasaki, ehh… cabut lagi. Sulit untuk membetulkan stigma nama Bajaj. Dan yang kedua, produk sport Bajaj kurang variatif. Selain 200NS dan 200AS, produk CS400 dan 400SS belum brojol juga. Dan kudu jeli juga mau ditaruh di segmen harga berapa andaikata produk-nya dijual disini ? Takut-nya malah menggerogoti saudara-nya sendiri. Yang masih mungkin, jual kembali 200NS dan varian-nya disini. Untuk mancing konsumen juga yang mau naik kelas. Siapa tahu ada konsumen yang lagi service Pulsar, kepincut sama produk KTM.

Di segmen mainstream 150cc, 250cc, 600cc, 1000cc, 4 Pabrikan Jepang praktis saling head-to-head. konfigurasi mesin relatif sama semua (kecuali Kawasaki dengan Z250SL dan RR Mono-nya). Rata-rata lebih bermain di tampilan dan gimmick. gontok-gontokan di added-value. Di segmen ini istilah-nya Jepang udah megang. Jadi-nya pasar KTM seperti-nya bakalan segmented. Tapi dengan positioning harga yang cermat, bukan tidak mungkin produk mereka punya potensi ikut bersaing.

Yang penting 3S-nya yach.

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *