KTM Duke 200. Penantang Serius Yamaha Xabre

Resmi sudah harga KTM Duke 200 di GIIAS 2016. 33 juta. Dengan kisaran harga segitu, motor ini otomatis jadi penantang Yamaha Xabre.

yamaha-xabre-03
Tampaknya strategi KTM (Read: Bajaj) agak mirip ketika memasarkan Pulsar 200NS dahulu. Kubrikasi lebih besar 50cc, harga kurang lebih sama. Kalau dulu head-to-head dengan Yamaha Vixion, sekarang head-to-head dengan Yamaha Xabre.

ktm-duke-200-02

Kekar
Kekar. Ya. Itu impresi dari KTM Duke 200. Bak layaknya binarangka binaragawan, motor ini memperlihatkan frame trellis-nya yang tidak sungkan menonjolkan blok mesin-nya yang besar dan suspensi belakang-nya. Ditambah dengan ban depan berukuran 110, dan ban belakang-nya yang berukuran 150. Wedeeehhh… Nothing to hide. This bike bares it all.

ktm-duke-200-04

Update
Ketika saya morning ride bersama Jaeger, kami berjumpa sama rider KTM Duke 200. Aseli motor ini gede. Nggak kalah gede sama Z250. Cakep nih motor.

Worth It ?
Tergantung. Pendapat saya pribadi, cewek cowok Eropa yang satu ini memang lebih keren daripada Yamaha Xabre. Dengan catatan kudu mau repot dikit untuk merawat-nya. Secara bengkel-nya tidak belum seramai bengkel-bengkel motor Jepang. Daerah Jakarta (berdasarkan situs-nya KTM Indonesia) baru ada di Depok, Tangerang, dan BSD. Soal build quality tentu bukan main-main. Motor ini untuk pasar Eropa. Tapi walau motor ini officially merk Eropa (read: KTM), sudah bukan rahasia lagi ada campur tangan Bajaj di produk ini. Saya dengar-dengar dari teman, ada part-part Bajaj di motor ini. Sejauh mana-nya saya belum tahu.

Overall, dengan perbedaan harga yang tipis (sekitar 3 juta-an), motor ini definitely better than Yamaha Xabre. Kalau masih ada keraguan untuk membeli-nya, better wait and see dan cari-cari info dulu aja. Wajar sih, barrier of entry motor ini untuk pasaran orang awam (read: nggak mau repot) lebih besar. “Service dan sparepart-nya gimana ?” “Wah, ada hubungan-nya sama Bajaj ya ? Nanti cabut lagi kayak dulu”. Banyak pertimbangan. Sedang yang doyan main motor, KTM Duke 200 bisa jadi pilihan untuk motor harian. Service ? Gampang. Sekalian aja pas morning ride sembari mereng-mereng ke BSD. Hehehehehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *