Ketika Motor Second Kawasaki Lebih Hijau

Pasti sudah pada tahu peribahasa rumput tetangga lebih hijau. Nah, peribahasa tersebut cukup cocok disematkan kepada motor second Kawasaki.

Apalagi kalau bukan karena harga-nya yang kompetitif. Apabila harga baru motor 250cc sudah menyentuh harga 60 juta-an, dengan harga 70 juta-an, kita sudah bisa meminang motor ER6 second. Tambah dikit dapat Ninja 650. Sudah jelas soal tenaga beda jauh masbro (37 HP vs 69 HP). Belum lagi parkiran lebih khusus. Nggak perlu takut motor kesayangan baret. 😀

used-er6-second-01

Naik lagi, di rentang harga 160-an juta, ada ZX6R lawas dan Z800 menghadang. Sorry to say, terlepas dari after sales-nya, 500cc-nya Honda lewat. 2 silinder 500cc nggak nge-lawan 4 silinder 600cc dan 800cc. Terlepas dari harga-nya yang beda-beda tipis.

used-z800-second-01

used-zx6r-second-01

Di rentang harga segini, ada cukup banyak alternatif motor-motor-lain-nya masbro. Seperti Ducati Monster, Hyosung GTR 650, dan lain-lain.

used-various-bikes-second-01

Menggerogoti Teman Sendiri
Paling ini buah simalakama-nya. Ketika moge entry-level banyak populasi-nya, lalu banyak juga yang mau naik kelas, otomatis yang jual second-nya juga banyak. Hukum supply-and-demand. Yang kena imbas tentu Ninja 250,ER6 Z650, dan Ninja 650.

Tapi hal ini menjadi sisi baik juga untuk Kawasaki. Populasi pengguna moge-nya jadi relatif cukup bertahan. Dengan asumsi yang ngambil moge Kawasaki second relatif stabil. Benang merah-nya ke soal service dan spareparts tentu-nya. Motor butuh perawatan berkala. Khusus-nya fast moving. Roda ekonomi akan terus berputar di sini.

lego-mechanic-out-01

It’s A Used Bike !
Sisi nggak enak-nya, karena ini motor second, kita nggak tahu pasti gimana sejarah motor-nya. Apa pernah crash ? Pernah turun mesin, dan lain-lain. Not clear. Disarankan ketika berniat meminang motor second, untuk meminta bantuan seseorang yang paham soal motor. Atau lebih baik lagi seorang mekanik yang paham betul soal kondisi motor. Ajak dia pas kita lihat motor second untuk meminta opini-nya. Is the used bike worth it ? Biasa-nya sih, yang nama-nya mekanik ini berseliweran di komunitas-komunitas motor. Dan rata-rata komunitas itu pasti ada yang nama-nya bengkel rekomendasi. Nah, bisa minta bantuan mekanik-nya tuh untuk melihat kondisi suatu motor.

Nah, manakah yang anda pilih ?

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *