Jangan Riding Kelewat Agresif Kalau Umur Ban Sudah Lama

Sharing pengalaman pas morning ride yang dulu-dulu. Jadi cerita-nya ane ampir aje nabrak masbro. Hadeeehh…

Jadi cerita-nya Redue abis ganti oli pasca nyobain Total Hi-Perf Sport+ kemarin. Nah, sekarang ane lagi nyobain oli Idemitsu 10w40. Semi sintetik. Yaaah… nama-nya oli baru, feeling motor enak banget ! Jadilah ane riding lebih agresif.

Bad bad mistake.

bad-idea-cat-cactus

Udah tau ban Michelin Pilot Street Radial umur-nya udah lama. Grip kurang, malah sok-sokan riding kencang dan agresif. Eeeehh… tau-tau di depan ada mobil dan matik. Trus mobil-nye ngerem mendadak. Matik kaget, ngerem mendadak juga. Ngeliat pemandangan kayak gitu didepan, adrenalin ane naik. Jantung memompa kencang. Asli mata melek banget. Konsentrasi makin tinggi. Kaki kanan tanpa keraguan bejek abis rem. Tangan kanan ngocok-ngocok rem. Ban belakang ngunci tapi nggak mendem ke aspal. Karet udah nggak elastis. Ngesot deh…

Less grippy.

Untung lajur kiri terbuka walau ada Mitsubishi L 300. Redue Alhamdulillah berhasil nyempil masuk walau dalam kondisi ngesot. Detik-detik yang mendebarkan.

lol-emoji

Di lampu merah ane ngaso dulu. Trying to get my sh*t together. Trus gas lagi… pelan-pelan… walau ujung-ujung-nya kencang juga… but way way less agresif.

So kalau ban udah lama usia-nya. Dalam hal ini, ban Michelin Pilot Street Radial di Redue udah 2 setengah tahunan ada kali. Grip udah kurang bingiits. Jangan riding terlalu agresif. Apalagi kondisi jalan sempit dan agak padat. Satu kejutan di depan sudah cukup to ruin your day.

Lesson learned.

Baca Juga:
Review: Michelin Pilot Street Radial Di CBR250R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *