Emflux One Motor Listrik Buatan India Bakal Meluncur Tahun 2019

Seperti-nya lagi pada demam motor listrik. India juga nggak ketinggalan. Kabar-nya tahun depan bakalan meluncur motor listrik made in India.

Cerita-nya ada perusahaan startup India yang lagi bikin motor listrik. Perusahaan tersebut bernama Emflux. Dan nama motor-nya Emflux One. Kinda like smartphone name, yeah ?. Motor ini sudah ada penampakan-nya di Auto Expo 2018 di India. Perkenalan dulu masbro.

emflux-one

Motor ini diklaim memiliki topspeed< sekitar 200 kmph. Dengan jarak tempur sekitar 150 sampai 200 kilo apabila motor digunakan dengan kecepatan standard di jalan umum. Kisaran 60 sampai 100 kmph kali ya. Dengan akselerasi 0 sampai 100 kmph dalam waktu 3 detik ! Udah level moge ini mah. Motor listrik Zero juga kisaran segitu. Dan diklaim hanya membutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk charging battery sampai penuh 80 persen.

Charging cepat-nya menggunakan teknik WARP charging. Sedang untuk charging standard, membutuhkan waktu sekitar 3 jam menggunakan charger output 15 Ampere. Lumayan gede ya ? Anyway, WARP charging sendiri merupakan teknologi dari Chargetek.

emflux-one

Emflux One menggunakan motor berkekuatan 60 kilowatt (80 HP) kecepatan tunggal dengan berpendingin udara. Dan disematkan battery berkapasitas 9.7 kWh dengan sel Samsung di dalam frame trellis-nya. Tapi motor ini di-limit power-nya sampai 71 HP dan torsi di 74.5 Nm. Sedang berat motor ini sekitar 169 kg. Ukuran ban depan 120 dan ban belakang 180.

emflux-one
Ban Belakang ukuran 180.

Frame menggunakan trellis, pengereman menggunakan Brembo ABS, dashboard menggunakan touchpad berukuran 6.8 inch dengan dual kamera depan dan single kamera belakang. Ada fungsi navigasi, Bluetooth, Wifi, 4G, dan dengan interface custom Emflux NEXT. Hardware-nya sendiri menggunakan NVIDIA Jetson TX1 yang biasa digunakan untuk machine learning.

nvidia-jetson-tx1
NVIDIA Jetson TX1 .

Emflux berencana memproduksi 199 unit untuk pasar India dan 300 unit untuk ekspor dengan harga USD 9.350. Wah, harga-nya diantara motor 650cc dan motor supersport 600cc masbro. Dengan versi upgrade dihargai USD 17.150 yang menggunakan suspensi Ohlins, carbon body, dan velg forged allow. Mahal juga ye… >_<

Let’s hope we’ll see this bike next year !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *