Cara Mengetahui Karet Tromol Perlu Diganti

Karet tromol kadang diremehkan. Padahal part yang satu ini berpengaruh ke performa motor. Kalau udah aus, lebih baik segera diganti. Nah, gimana cara tahu karet tromol kudu diganti ?

Cara-nya mudah saja masbro. Pertama, ban belakang kudu dikunci. Cara-nya, injek rem belakang, lalu goyang-goyangin gear. Terasa gear belakang gerak-gerak alias nggak megang ? Rantai tromol kudu diganti.

Diakalin
Belum ada dana ? Bisa diakalin untuk sementara masbro. Cara-nya dengan menyelipkan potongan-potongan karet di antara sela-sela karet tromol. Tapi siapkan dana untuk mengganti-nya. Karena IMHO cara ini hanya untuk sementara. Karet tromol itu ngaruh ke performa dan umur rantai dan gear.

Roda belakang dibongkar.

Pengaruh Karet Tromol Ke Performa Motor
Jadi CBR250R ane setelah ganti komstir bambu, sama mekaniknya di-check juga karet tromol-nya. Karena ane belum indent part yang satu ini, diakalin-lah sama mekaniknya. Sepulang dari sana, memang motor terasa lebih responsif. Lebih banget ! Lebih kentara rasa-nya daripada pakai oli baru yang bagus. Respon membuka gas dan feedback output di roda belakang kerasa lebih responsif. Kenapa ? Karena penyaluran tenaga dari mesin ke gigi depan lewat rantai terus ke gigi belakang terus belok ke ban lancar jaya. Secara gear belakang yang nyantol di karet tromol yang nyantol di velg belakang dudukan-nya kokoh (inception !). Meminimalisir power yang loss menjadi vibrasi akibat cengkraman yang kurang kuat.

Analogi-nya seperti kita bermain tenis, badminton, atau baseball. Rasain aja beda-nya antara mencengkram raket (atau bat) kuat-kuat dengan santai ketika kontak dengan bola (atau kok). Mana yang menghasilkan output yang kencang ? Pasti kalau megang-nya santai lebih kerasa vibrasi-nya.

Pengaruh Karet Tromol Ke Rantai Dan Gear
Karet tromol yang sudah nggak bagus bisa bikin gearset kurang lurus. Ane di jalan suka lihat motor yang putaran gear belakang-nya melentat melentot. Keadaan begini bikin stress lebih ke gearset. Rantai dan gear jadi kurang awet umur-nya. Relatif nggak bermasalah kalau bawa motor-nya pelan-pelan. Kalau sering suka lari 3 digit ? Wah, serem masbro. Bisa-bisa putus di jalan itu rantai… :/

Kapan Saat-Nya Ganti Karet Tromol ?
Kapan ? Itu tergantung gimana motor itu dipakai. Lebih civilized, alias jarang lari 3 digit dan jarang akselerasi mendadak tentu umur karet tromol lebih panjang. Stress-nya kurang. Perkiraan ane, coba di-check karet tromol dengan cara di atas apabila odometer motor sudah di kisaran 20.000 ribu-an keatas. CBR250R ane diakalin karet tromol-nya pas odometer dikisaran 33.000 km.

So, menyangkut soal performa motor, jangan lupakan hal yang satu ini masbro. Karena part yang satu ini termasuk non-fast moving, jangan lupa indent apabila sudah dekat saat-nya diganti.

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *