Ban Michelin ROAD 5. Suksesor Michelin Pilot Road 4

Michelin Pilot Road 4 bisa dibilang salah satu pilihan ban sport touring terbaik. Nah, ada versi baru-nya nih masbro. Michelin ROAD 5.

Penamaan untuk produk ini seperti-nya dipersingkat biar gampang. Kata Pilot dibuang. Jadi-nya Michelin ROAD 5 (yes, all caps).

Apa Yang Baru ?
ACT+ (Active Casing Technology). Yang kata-nya bisa memberikan feedback yang lebih baik pas cornering. Dengan memberikan ketebalan lebih di pinggir ban di bagian tubuh ban. Teknologi ini sudah diaplikasikan di ban Michelin Power RS.

Lalu ada 2CT+. 2CT sendiri arti-nya two compound technology. Alias dual compound. Beda-nya dengan 2CT, 2CT+ sekarang menggunakan compound hard sebagai alas compound soft di bagian sisi ban. Of course, cornering tentu lebih mantap dengan compound soft. Sedang sisi tengah teteup dengan compound hard biar ban lebih awet.

2CT.
2CT+.

Tebakan ane, 2CT+ dan ACT+ saling berkaitan dan bekerja bersama-sama. Soft frontend with hard backend. If you catch my drift.

And then, ada yang nama-nya XST Evo. Teknologi XST sendiri bekerja seperti pipet. Menghisap air dengan gerakan peristaltik ketika ban ditekan bobot motor dan rider-nya.

XST+.

Groove panjang yang ada di Pilot Road 4 berguna buat ngisep air.

XST Evo.

Sedang di ROAD 5, groove ini disempurnakan dimana bagian bawah-nya dikasih ruang segitiga. In theory, ruangan ini selain memberi ruang lebih untuk air, juga lebih bisa menghisap air.

XST Evo sendiri diklaim lebih efisien kerja-nya dalam membuang air.

Beda-nya Dengan Pilot Road 4
Lebih slick. Apabila Pilot Road 4 adalah ban yang lebih fokus banget untuk performa di aspal basah, maka ROAD 5 agak lebih difokuskan untuk aspal kering. Tapi sebagai kompensasi, ada teknologi XST Evo seperti yang telah dijelaskan di atas untuk balancing performa di aspal basah.

Pilot Road 4 vs ROAD 5. Depan.

Seperti masbro lihat, ROAD 5 lebih slick daripada Pilot Road 4. Less thread.

Pilot Road 4 vs ROAD 5. Belakang.

Terlihat thread di ban ROAD 5, khusus-nya di pinggir ban tidak panjang sampai ke pinggir layaknya di Pilot Road 4.

Diklaim performa Michelin ROAD 5 setelah hampir 5000 km, masih sama dengan performa Michelin Pilot Road 4 yang masih fresh.

Michelin Power RS With Groove
Yup, Michelin ROAD 5 mengingatkan ane dengan saudara-nya, Power RS. In fact, ane merasa ROAD 5 itu seperti perkawinan antara Power RS dan Pilot Road 4. Ban Power RS dikasih groove Pilot Road 4.

Power RS.

Thread ban-nya mirip banget masbro. Cuma di ROAD 5 dibikin lebih besar plus teknologi XST dari Pilot Road 4.

ROAD 5.

Size Does Matter
Sayang-nya, seperti-nya Michelin memfokuskan ban ini untuk pangsa pasar entry level moge ke atas. Ukuran depan tersedia 120/70 dan 120/60. Sedang belakang tersedia 150/70, 160/60, 180/55, 190/50, dan 190/55. Semua untuk rim 17 ya. Aaahh… sayang tidak ada ukuran 110/70 untuk depan. Ane merasa ukuran 120 untuk motor 250cc dengan ukuran velg depan 2.75 inch kurang sepadan aja masbro. Dipaksakan sih bisa aja.

Michelin ROAD 5 akan hadir pada Januari 2018. Alias bulan depan masbro. Siapa tahu ada yang udah kudu ganti ban ? Hehehehe… 😀

Baca Juga:
Review Michelin Pilot Street Radial Di CBR250R

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *