Apa Pendapat Orang Luar Mengenai Cairan Anti Bocor ?

Lanjut artikel sebelum-nya soal cairan anti bocor. Kalau disini, seperti-nya cairan anti bocor bisa dibilang agak-agak mainstream. Gimana kalau di luar negeri ?

Ane rasa, disini cairan anti bocor bisa dibilang cukup banyak dipakai karena kondisi jalan di Indonesia yang banyak ranjau-nya. Kepraktisan bisa dibilang daya tarik-nya. Ban kena paku ? Gampang masbro. Tinggal cabut paku-nya, puter ban sampai posisi bekas kena paku di posisi bawah, tunggu beberapa menit sampai cairan bekerja. Selesai ! Praktis ! That’s what our people like.

Tapi semenjak insiden pentil macet dan rusak, ane jadi berpikir dua kali. Awal-nya sih ane curiga kualitas cairan yang dijual kurang mumpuni. Teman ada yang nyaranin pakai Slime aja. Merk USA. Should be better, right ? But, as usual, kekepo-an ane lagi-lagi mendorong untuk mencari tahu.

Emoh ! Begitu kira-kira secara umum pendapat mereka. Mereka mengatakan lebih baik tidak menggunakan-nya. Cairan anti bocor rata-rata tidak bermanfaat. Ane rasa ini tergantung dari besar lubang di ban. Pengalaman ane, selama lubang-nya kecil, cairan ini masih bisa menambal-nya. Lebih dari itu, ane belum tahu.

Yang bikin mereka males adalah karena cairan ini messy, alias merepotkan. Biasa-nya mekanik di luar men-charge ekstra customer ketika mengganti ban. Pengalaman kemarin ganti pentil sama kuras cairan anti bocor, ane cuma ngasih tip dan mahar untuk seperangkat pentil baru. Mungkin orang luar agak males ngurusin yang messy-messy.

Makan Velg
Ini salah satu alasan kuat orang luar males pakai cairan anti bocor. Karena makan velg. Pengalaman yang pakai Slime, rata-rata bagian velg dalam-nya rusak.

Ada yang cerita pakai Slime di Suzuki GSX-R 750 selama 7 tahun. Hancur dalaman velg motor doi. Rata-raya yang rusakย velg yang berbahan aluminium. Velg gambar diatas kemakan lapisan chrome-nya. Velg Redue sih ane lihat aman-aman saja. Umur cairan anti bocor di ban depan sekitar 1.5 tahun sebelum dikuras. Mungkin karena belum lama jadi belum kelihatan kali ya. Btw, ane tidak menggunakan Slime. Hanya cairan anti bocor umum.

Baca Juga:
Pentil Bocor Dan S.O.P
Cairan Anti Bocor. Penting Nggak Sih ?
Pengen Gunain Slime ? Ketahui Hal-Hal Berikut

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *