Skip to content

Hati-Hati Dengan Rantai Yang Terbuka

Ane pernah melihat beberapa foto-foto kecelakaan yang terjadi ketika ngeboncengin penumpang menggunakan rok panjang. Gara-gara rok panjang-nya kebelit masuk rantai. Serem.

Problem-nya, karena penumpang yang duduk menyamping dengan rok panjang-nya yang menjuntai. Semakin panjang rok-nya, semakin besar kemungkinan kebelit rantai.

Apalagi misalnya motor sedang cornering miring ke kanan. Otomatis makin dekat ke rantai rok-nya.

Chain Guard
Chain guard, salah satu fungsi-nya, selain mencegah kotoran-kotoran yang ada di rantai nyiprat kemana-mana, relatif juga bisa melindungi rok panjang nyangkut ke rantai bagian atas.

Saree Guard
Saree Guard. Kisi-kisi pelindung yang jamak kita jumpai di sepeda motor di negara India, di desain untuk mencegah hal ini. Secara di India para wanita-nya rata-rata menggunakan baju yang memilki rok panjang. Walau benda yang satu ini terlihat kurang apik bila dipasang di motor sport macam Ninja 250. Which is useless IMHO. Boncengan di motor yang enak buat miring-miring dan kentjang lebih baik tidak menyamping, tapi lurus.

Di sini saree guard tidak umum sama sekali. Jadi sebaiknya apabila motor sering dipakai untuk boncengan, setidaknya chain guard dipasang dan juga mengingatkan penumpang untuk melipat dan memegangi rok panjang-nya.

Jas hujan
Selain karena rok, jas hujan model ponco juga berpotensi masuk ke sela-sela rantai. Kalau ini mah obat-nya kudu ganti pakai model jaket dan celana hujan.

Bahkan dalam beberapa kasus, jas hujan ponco yang kelewat panjang malah bisa masuk ke sela-sela velg model jari-jari. Which is why avoid using this kind of raincoat.

Semoga bermanfaat. 🙂

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Published inSafety Riding

Be First to Comment

    Tuliskan komentar anda