Skip to content

Glove Model Oven. Nggak Safety

Siang itu, ane mampir ke SPBU. Ngisi Nitrogen. Nggak lama markir ibu-ibu naik matik. Wuih… Di motor-nya nyantol sarung tangan oven.

sarung-tangan-oven-01

Sarung tangan model oven. Glove ini umum-nya populer di motor matik. Khusus-nya di kalangan ibu-ibu. Glove yang dimasukan ke stang ini sepintas praktis. Iket di stang, masukin tangan kita ke dalam glove. Mudah ! Belum lagi harga-nya yang terjangkau. Tapi, IMHO glove model begini tidak aman.

sarung-tangan-oven-00

Terkunci
Karena setiap kita memakai sarung tangan ini, otomatis tangan kita terkunci di stang. Misalnya ada apa-apa, kita tetep terkunci di motor. Contoh, lagi riding tau-tau di depan ada sesuatu. Dan pilihan terbaik nge-lempar motor. Nah, dalam posisi panik gitu, dan tangan kekunci glove, malah bikin makin panik. Bahayeeu !

Ndlosor
Contoh waktu ane riding hujan-hujan di Kalimalang. 2 motor depan ane jatuh. Lalu tiba-tiba ada matik ndlosor di belakang ane. Nah, bayangkan apabila motor kita ndlosor tapi tangan kekunci di stang gara-gara glove. Bisa dibayangkan rider-nya keseret motor di aspal. Baju atau bahkan sampai kulit diamplas aspal. Ngerriiihh…

glove-scoyco-mc-10-03

Nah, lebih baik menggunakan glove standard yang bagus kualitas-nya dan punya protektor macam knuckle guard dan lain-nya. Disamping nyaman (subjektif) untuk kita dan menambah tingkat kegantengan, sudah pasti aman. Secara glove-glove untuk motor tentu sudah di desain untuk melindungi rider-nya.

sarung-tangan-oven-03

Nah, sebaiknya sarung tangan yang model pegangan oven ini lebih baik habitat-nya di dapur. Atau untuk hal-hal lain dimana tangan membutuhkan proteksi dari panas.

This thing won’t protect you from asphalt.

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Published inSafety RidingSarung Tangan

2 Comments

  1. Rian Rizandy Rian Rizandy

    Kalo ga salah, sarung tangan model ini, dipake emak” yg naik motor matic kecil di daerah dingin. Waktu gw ke korea, banyak yg pake. Tp mereka juga paka sarung tangan normal di dalamnya. Secara, suhu nya dingin banget. Jalan kaki aja ga kuat, kita org iklim tropis, apalagi naik motor. Kalo di sini rasanya ga perlu.
    Walo memiliki resiko yg sama. Orang disana msh reasonable utk melakukan hal kek gini.

    • Arman Arman

      Perilaku biker Korea gimana om ? Apakah unpredictable seperti disini ?

Tuliskan komentar anda