Skip to content

Safety Riding: Awareness

Kembali lagi dengan pembahasan soal safety riding. Kali ini tentang awareness di jalan.

Ane rasa, ini adalah hal yang paling penting ketika kita riding. Ride awareness. Simple-nya, Awareness itu keadaan ketika seorang rider itu is in the zone. Alias fokus dengan keadaan sekitar-nya. Dari kondisi aspal, keadaan dan behaviour orang-orang dan kendaraan-kendaraan di sekitar-nya. Di depan, belakang, samping.

situational-awareness-01

Contoh kasus, ketika ane berangkat ke tikum di Shell Pondok Indah pas riding ke One3 Motoshop, ane berpapasan dengan Yamaha RX King. Nah, pas di jalan, RX king ini terlalu mepet di samping belakang mobil. Dan tahu-tahu jalan menyempit. Otomatis mobil pindah jalur dan nyenggol RX King tersebut. Dan kecelakaan terjadi. RX King-nya crash.

motorcycle-crash_02

Ane tidak dapat menolong rider tersebut, secara ane sudah jauh di depan. Nggak mungkin di jalan utama Gatot Subroto untuk memutar. Lawan arah ? Meh… Tapi ane lihat di spion, banyak rider lain yang menolong.

Siapa yang salah ? Sorry to say, rider RX King-nya yang salah. Secara dia terlalu mepet banget dengan mobil. Kalau mobil-nya ngerem, celaka motor di belakang-nya. Nggak belok, nabrak separator Busway. Buah simalakama.

spider_sense_tingling_by_gabkt-d48u7uo

Kondisi-Kondisi Yang Perlu Diperhatikan
Ada banyak banget masbro. Kondisi jalan. Apakah aspal-nya basah atau tidak. Ada tanah-kah ? oli-kah ? lubang ? dan lain-lain. Begitu juga bagaimana kita aware dengan kondisi psikologis kita. Apa mood kita sedang bagus, atau lagi bete. Begitu juga dengan kondisi kendaraan. Gimana ban-nya, rem-nya, dan sebagai-nya. Juga blindspot. Yang menurut ane, salah satu penyebab utama kecelakaan.

Well, IMHO disitulah seni-nya riding. Itulah mengapa riding itu meyehatkan. Tubuh beraktifitas, dan terlebih, otak terus-menerus memproses informasi seiring dengan dinamika di jalan yang terus berubah-ubah.

Always Safety Riding masbro !

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Published inSafety Riding

Be First to Comment

    Tuliskan komentar anda