Skip to content

Ban Metzeler Sportec Street. Untuk Matik Dan Sport

Iseng-iseng browsing Instagram, nemu postingan One3Motoshop. Metzeler Sportec Street. Alternatif lagi nih buat yang ingin ban sport untuk matik dan motor sport.

Bagi pengguna motor 250cc, ukuran ban depan 110 dan ban belakang 140 agak-agak jarang pilihan-nya. Biasa-nya kalau nggak yang depan pindah ke 120, yang belakang ke 150 atau bahkan ke 160. Saya sendiri agak-agak malas untuk memakai ban di atas ukuran standard. Jadi pilihan saya sampai saat ini, masih berkutat di Michelin Pilot Street.

Sekarang ada Metzeler Sportec Street X-PLY. Ban ini ternyata buatan Indonesia lho masbro. Saya sendiri juga heran. Tebakan saya, ban ini dibuat di pabrik Pirelli di Subang. Secara Metzeler sendiri adalah anak perusahaan Pirelli.

Pabrik Pirelli di Subang
Pabrik Pirelli di Subang

Sayang-nya, ban ini belum ada versi radial-nya. Masih Bias. Mungkin masih test pasar dulu kali ya. Kalau sambutan-nya oke, mungkin versi radial-nya juga dibikin. Wah, bisa jadi alternatif-nya Michelin Pilot Street ini.

metzeler-sportec-street-02

Soal harga, 11-12 dengan Michelin Pilot Street. Misalnya benar dibikin disini ban-nya, harus-nya bisa ditekan lebih kompetitif lagi harga-nya.

metzeler-sportec-street-01

Kalau ngeliat alur ban-nya, seperti-nya ban ini lebih enak buat cornering. Alur di pinggir ban lebih sedikit. Lebih slick. Performa di jalanan basah mungkin agak dibawah Michelin Pilot Street karena hal ini.

cbr-pilot-street-radial-04

Bandingkan dengan Pilot Street yang lebih banyak alur di pinggir ban-nya. Tapi, karet yang dipakai tentu juga berpengaruh. Ban yang lebih banyak kandungan silika-nya, lebih mencengkram di aspal basah.

Ban ini seperti-nya pengembangan dari Sportec M5. Produk Metzeler yang sudah cukup terkenal. Model alur yang lebih mengutamakan feel dan performa di jalanan kering. Apakah Sportec Street juga mengadopsi sistem 5 sabuk baja seperti kakak-nya ? Saya belum tahu. Belum menemukan product knowledge-nya.

Metzeler Sportec M5 Interact
Metzeler Sportec M5 Interact

Kalau melihat pilihan ban-nya, produk ini meng-cover segmen matik harian dan motor sport 150cc sampai 250cc. Bisa jadi yang punya motor 250cc juga punya matik buat harian. Nah, hal ini bisa jadi ajang coba-coba. Siapa tahu senang dengan versi matik-nya, nggak menutup kemungkinan dipakai juga di motor 250cc-nya. Sayang-nya belum ada versi radial-nya. Secara ban radial pada umum-nya lebih baik dalam meredam benturan-benturan di jalan. Perhaps next iteration ?

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Published inBanCBR250R

Be First to Comment

    Tuliskan komentar anda