Skip to content

Review: Shell Advance Ultra 10w40

Saya memakai oli ini sudah lumayan lama. Adalah hampir setahun. Nah, berikut kesan-kesan saya tentang oli ini.

Mahal. Yoi. Itu kesan pertama saya. Sebotol sekitar 170 ribu. Dan CBR250R butuh 1.4 liter (1.6 apabila ganti filter oli). Is it worth it ?

Oli ini enak sampai pemakaian sekitar 1700km. Sampai kilometer segitu motor rasa-nya semut smooth. Enak dipakai-nya. Setelahnya jadi biasa aja. Dulu pernah dipakai sampai 2500km. Dan di km segitu udah nggak enak rasa-nya. Interval penggantian oli di Redue kisaran 2000 km-an. Dan pas ganti, sudah kelihatan cukup hitam oli-nya. Shell Advance Ultra seperti-nya nggak bisa kurang enak dipakai diatas 3000km. Walau kata-nya CBR250R bisa sampai 12ribu pemakaian oli-nya, melihat dikisaran 2500 kilo oli sudah cukup hitam, saya sangat tidak menyarankan. Sayang motor. <3

Maklum, kondisi di Indonesia (khusus-nya Jakarta) yang panas terik, macet dimana-mana, dan lain-lain menuntut oli bekerja jauh lebih berat daripada di negara barat yang iklim-nya sub tropis. Alias nggak sepanas dan semacet di sini.

oli-shell-advance-ultra-10w40-01

Oh ya. Walau di data teknis yang saya baca, Shell Advance Ultra punya titik didih lumayan tinggi, tapi kalau motor suka digeber kenceng-kenceng, biasa-nya di km 1000-an pasca ganti oli, pasti berkurang level oli-nya. Itu sebelum saya ganti air radiator pakai Prestone. Bahkan pernah sampai di level bawah jendela oli. Tapi sekarang udah nggak pernah nguap. Malah air radiator-nya yang menguap.

Satu lagi, saya pernah 1-2 kali selip kopling. Dari 2 turun ke Netral. Tapi jaraaanngg bangeett. So i guess it’s not a big deal.

Kemasan baru
Kemasan baru

Verdict
So ? Is Shell Advance Ultra 10w40 worth it ? Well, jika uang bukan masalah, go for it. Atau apabila motor yang anda pakai bukan motor harian. Saya pribadi merasa cocok menggunakan oli ini. Interval penggantian oli yang di kisaran 2000 kilo-an, baru tercapai setiap 2-3 bulan sekali. Secara saya juga sayang motor. Harga juga beda tipis dengan Motul 5100 yang semi sintetik.

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Published inOliReviewSparepart

6 Comments

  1. Selamat Selamat

    Shell advance ultra yg pureplus nya dapat harga berapa, gan?

  2. Arman Arman

    Waah. Coba ke konsultasi aja masbro ke Ceberus. Siapa tahu ada yang mirip problem-nya. Atau konsultasi ke bengkel yang recommended macam JMS, SS, atau WMC. Tinggal pilih yang terdekat.

  3. Budi Budi

    Waaah cuma sampe 1700km ya enaknya.. Sayang
    Klo ane sementara pake yg ax7 di cbr150 k45
    So far so good.

    Penggantian setiap 1000-1100km atau tiap tanggal gajian pulangnya beli oli.
    Pemakaian harian.

    Pengen tau sih sampe berapa dia masih enak, klo 1000km masih oke dan oli belom hitam, masih ada bening2 kecoklatan gitu. Cuman udah kebiasaan ganti oli sebulan sekali aja, klo di skip takutnya malah lupa.

    • Arman Arman

      1000-1100km nggak kecepetan ? Cobain dinaikin lagi sampai terasa nggak enak. Nah, pas ganti oli, liat oli-nya. Misalnya, pas ganti 1500km oli-nya mendekati hitam, berikut-nya coba ganti oli pas 1400km. Singkat-nya dicari sampai seberapa batas maksimum oli sampai terasa nggak enak.

      Tapi itu tergantung jenis dan merk oli juga sih.

      • Budi Budi

        Karena ane masih pake oli murah bro, ga berani jauh2
        Tapi kayaknya misal pake yg mahal pun ga akan berani jauh2 deh. Mentok 2000. Diatas itu ane kawatir.

        Rencana mau coba motul 5100 ester
        Apakah benar klo pake oli sekelas itu bunyi mesin yg aneh2 akan hilang

        Mulai kawatir juga, jangan2 cbr ane kena penyakit klotok2 juga

        Kadang suka bunyi kasar walau jarang.

Tuliskan komentar anda