Skip to content

Safety Riding: Target Fixation

Alright guys. Back to to safety riding topic. Kali ini kita akan membahas hal yang penting banget. Yaitu target fixation.

Apa itu target fixation ?. Hmmm… Simple-nya sih ketika kita berkendara dan tau-tau kita fokus ke satu objek. Objek itu bisa apa aja. Pembatas jalan, tiang listrik, mobil, motor, orang nyebrang, dan lain-lain. Di saat kita riding, pasti kita pernah ngalaminnya. Contohnya, pas ketika kita sedang riding kentjang, tau-tau di depan kita ada pengendara motor jalan pelan di tengah-tengah jalan. Nah, di moment tersebut, kadang fokus pikiran kita terpaku di pengendara tersebut. Apakah dia akan belok tiba-tiba tanpa ngasih sein ? Apakah dia akan begini atau begitu ? Pikiran kita akan terpaku disana, dan guess what ? Fokus berkendara kita jadi buyar.

Jangan fokus ke sepeda
Jangan fokus ke sepeda

Contoh lain yang berbahaya dari target fixation adalah ketika kita berusaha menghindari sesuatu ketika kita melakukan kesalahan ketika riding. Fokus untuk menghindari objek tersebut malah membuat kita mendekati objek tersebut. Contohnya, ketika kita sedang nikung, tapi motor malah melebar dan di depan kita ada tiang listrik. Nah, pada moment panik tersebut pikiran kita fokus dengan gimana cara menghindari-nya.

Berikut contoh paling simple-nya.

Anak kecil di atas terlalu fokus dengan tiang. Well, video diatas hanya sebagai ilustrasi saja.

How Not To
Cara menangani target fixation ternyata cukup mudah. Jangan fokuskan pikiran kita ke objek. Tapi fokuskan pikiran ke line jalan yang mau kita ambil, ruang-ruang kosong di depan kita, dan kondisi sekitar. To put it simple, fokus ke gaya riding kita. Satu lagi, jangan panik.

Avoid Target Fixation
Avoid Target Fixation

Keep cool and enjoy riding. 🙂

Share This
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Artikel-Artikel Lain

Published inSafety Riding

Be First to Comment

    Tuliskan komentar anda